Akhir Perjalanan Gazprom di Kompetisi Sepak Bola Eropa

News  
Gazprom selama ini dikenal sebagai sponsor turnamen sepak bola Eropa. 
Gazprom selama ini dikenal sebagai sponsor turnamen sepak bola Eropa.

Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) secara resmi memutuskan kontrak kerja sama dengan Gazprom. Perusahaan energi raksasa asal Rusia tersebut mengakhiri perjalanannya sebagai sponsor berbagai kompetisi sepak bola di benua biru.

“UEFA telah memutuskan mengakhiri kerja sama dengan Gazprom di semua turnamen sepak bola. Keputusan ini berlaku efektif terhadap semua perjanjian kerja sama di Liga Champions hingga Piala Eropa 2024,” begitu pernyataan resmi UEFA dikutip Selasa (1/3/2022).

Baca juga: UEFA-FIFA Larang Klub dan Timnas Rusia Merumput

Gazprom. Bagi pencinta kompetisi sepak bola Eropa tentu tak asing mendengar nama tersebut. Gazprom memang kerap menjadi sponsor di berbagai turnamen sepak bola prestisius di benua biru termasuk Piala Dunia Rusia 2018 lalu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Gazprom merupakan perusahaan energi raksasa asal Rusia. Dikutip Al Jazeera, saat ini jaringan pipa Gazprom mencapai 11,2 persen dari jaringan pipa gas yang terpasang di skala global mencapai panjang total 956.700 kilometer (km).

Sebelumnya, Gazprom dikenal sebagai salah satu sponsor utama Liga Champions. Gazprom telah menjadi sponsor Liga Champions sejak 2012. UEFA dan Gazprom memiliki kesepakatan bernilai 45 juta dolar AS atau sekitar Rp 647 miliar per tahun. Kesepakatan Gazprom dan UEFA telah diperbarui pada Mei tahun lalu untuk Liga Champions.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang nulis yang always kepo dengan kabar sepak bola.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image