Mengapa Sih Bola Itu Bulat?

Serba Serbi  
Bola bulat dalam permainan sepak bola.
Bola bulat dalam permainan sepak bola.

SEPAK POJOK -- Bola itu bundar (bulat). Kalimat itu mungkin sering digunakan dalam berbagai hal. Baik secara kiasan maupun harafiah. Tapi, pernahkah sih bertanya, kenapa bola itu bulat?

Bola dibuat bulat karena bentuk bulatnya memberikan stabilitas dan keseimbangan yang optimal saat digerakkan di atas permukaan yang halus. Bentuk bulat bola juga memungkinkannya untuk bergulir dengan mudah di atas permukaan tanah atau rumput, sehingga membuatnya cocok untuk dimainkan dalam berbagai jenis olahraga, terutama sepak bola.

Bentuk bulat bola juga memberikan kesempatan yang sama kepada setiap pemain dalam permainan. Jika bola memiliki sudut atau sisi yang tajam, maka pemain yang melempar atau mengoper bola dengan sudut yang tajam memiliki keuntungan yang tidak adil dalam permainan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selain itu, bola bulat juga memberikan keamanan bagi para pemain saat bermain. Jika bola memiliki sudut tajam atau sisi keras, maka pemain yang terkena bola bisa mengalami cedera yang serius. Dengan bentuk bulat yang lembut, bola dapat mengurangi risiko cedera yang disebabkan oleh benturan atau tabrakan.

Dalam kesimpulannya, bola dibuat bulat karena memberikan stabilitas dan keseimbangan yang optimal, memungkinkan bola untuk bergulir dengan mudah, memberikan kesempatan yang sama bagi setiap pemain, dan memberikan keamanan bagi para pemain.

*Dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga

Sejarah Piala Dunia U-20: Turnamen Paling Bergengsi untuk Pemain Muda

Barcelona dan Sejarah Singkat 'Liga Pocong'

Sejarah Real Madrid, dari Hura-Hura Jadi Klub Raksasa

Fantastis, Ini Gaji Ronaldo Per Menit, Per Jam, Hingga Per Bulan di Al-Nassr

Erling Haaland Digaji 1,2 Miliar per Hari di Manchester City?

Berapa Gaji Neymar, Messi, dan Mbappe di PSG?

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mantan bek kanan di liga kampus. Masih belajar jadi versi terbaik.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image