Sejarah Real Madrid, dari Hura-Hura Jadi Klub Raksasa

Serba Serbi  
Pemain Real Madrid 1902-1908. Sumber: Wikipedia
Pemain Real Madrid 1902-1908. Sumber: Wikipedia

Oleh: Kamran Dikarma, Kontributor Sepak Pojok

Di jagat sepak bola, Real Madrid merupakan salah satu klub terbesar dan paling disegani. Rasanya semua trofi kejuaraan, baik di level domestik maupun internasional, sudah pernah disabet klub berjuluk Los Blancos tersebut. Madrid juga punya julukan lain, yakni Los Galacticos. Hal itu karena kebiasaannya menggaet pemain-pemain top dunia.

Namun siapa sangka, di balik kejayaannya, ketika awal mula berdiri, Real Madrid hanyalah perkumpulan para pemuda penggemar sepak bola. Bersenang-senang menjadi tujuan utama mereka bermain si kulit bundar. Adalah Julian Palacios, tokoh yang berjasa dalam sejarah berdirinya klub ibu kota Spanyol tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Palacios lahir di Madrid pada 22 Agustus 1880. Dia mulai tertarik dan jatuh cinta pada sepak bola saat berusia 20 tahun, yakni ketika menjadi mahasiswa teknik pertambangan. Di kampusnya, Palacios memiliki sejumlah teman asal Inggris yang rutin ditemuinya.

"Topik pembicaraan utama dalam pertemuan-pertemuan ini selalu tentang sepak bola (karena olahraga itu sudah ada di Inggris beberapa tahun sebelumnya). Sepak bola berarti cara melupakan pesimisme yang melanda Spanyol karena hilangnya koloni terakhirnya pada akhir abad ke-19," tulis Real Madrid di situs resminya.

Spanyol memang tak berada pada masa kegemilangan di akhir abad ke-19. Pada 25 April 1898, Amerika Serikat menyatakan perang terhadap Negeri Matador menyusul tenggelamnya Kapal Perang Maine di pelabuhan Havana pada 15 Februari 1898. Perang tersebut berakhir dengan ditandatanganinya Perjanjian Paris (Paris Treaty) pada 10 Desember 1898.

"Akibatnya Spanyol kehilangan kendalinya atas sisa-sisa kerajaan seberang lautnya; Kuba, Puerto Rico, Kepulauan Filipina, Guam, dan pulau-pulau lainnya," demikian Hispanic Division Library of Congress menulis dalam The World 1898: The Spanish-American War.

Bangkit dari bekapan keterpurukan dan pesimisme memang tak mudah. Julian Palacios dan sekelompok pemuda di Madrid memilih sepak bola untuk menghadapi situasi Spanyol kala itu. Ayah mertua Palacios, yang merupakan pengusaha terkenal di Madrid, memiliki sejumlah bidang lahan. Dia mengizinkan Palacios untuk menggunakannya bermain sepak bola bersama teman-temannya.

Dengan celana digulung, mereka mulai memainkan olahraga yang lebih dulu populer di Inggris tersebut. Kala itu permainan mereka menarik perhatian warga Madrid yang melintas. Sejak saat itu, minat terhadap sepak bola mulai bersemi di jantung Spanyol.

Seiring tumbuhnya minat terhadap sepak bola, pada tahun 1900, Palacios menggelar rapat umum untuk menentukan pemain mana yang akan membentuk tim utama Madrid.

"Palacios secara efektif mendirikan Madrid F.C. pada tahun 1900, meskipun bukan sebagai entitas resmi karena para pemain hanya ingin bermain sepak bola untuk bersenang-senang dan tidak khawatir tentang masalah hukum yang terkait dengan olahraga yang masih dalam masa pertumbuhan di Spanyol," tulis Real Madrid di situs resminya. Madrid F.C. tercatat berdiri pada 6 Maret 1900.

Pendiri Real Madrid Juan Palacios. (Sumber: Situs Real Madrid)
Pendiri Real Madrid Juan Palacios. (Sumber: Situs Real Madrid)

Kala itu Palacios menjadi presiden pertama klub. Dia juga merupakan kapten tim dan penyerang tengah pertama Real Madrid. Pada 1902, Palacios menanggalkan kursi kepresidenan klub, kemudian menyerahkan tanggung jawabnya kepada Juan Padrós. Padrós adalah tokoh yang kemudian secara resmi mendirikan klub sepak bola Madrid F.C.

Karena kegandrungan terhadap sepak bola terus melonjak, pada tahun 1902, dewan direksi Madrid F.C. mengajukan proposal kepada Wali Kota Madrid Alberto Aguilera untuk mengadakan turnamen sepak bola pertama. Kompetisi digelar untuk menghormati Raja Alfonso XIII. Copa de Espana menjadi realisasi dari inisiatif tersebut.

Kompetisi yang digelar 13-16 Mei 1902 di Hipódromo itu diikuti lima klub, yakni Madrid F.C, Bizcaya, FC Barcelona, New Foot-Ball Club, dan Club Español. Madrid gagal melenggang ke final. Pertandingan pamungkas mempertemukan Bizcaya dan Barcelona. Klub kebanggaan Katalunya takluk dengan skor 2-1. Bizcaya keluar sebagai juara.

Pemain Real Madrid 1902-1908.
Pemain Real Madrid 1902-1908.

Meski kalah, basis pendukung Madrid mulai terbentuk dan terus berkembang. Hal itu membuat dewan direksi melihat perlunya memfasilitasi pengunjung yang menyaksikan pertandingan mereka. "Klub pindah ke Stadion O'Donnell. Saat itulah pelayan tinggi Raja Spanyol memberi Madrid gelar 'Real' (1920)," tulis Real Madrid di situs resminya.

Sejak saat itu, klub ibu kota Spanyol tersebut menyandang nama Real Madrid. 6 Maret tahun ini (2022), Real Madrid berusia 120 tahun. Meski pada mulanya Palacios dan kawan-kawannya hanya berniat hura-hura, dalam perjalanan kariernya, Real Madrid ternyata bertransformasi menjadi raksasa di jagat sepak bola.

Sumber:

https://www.realmadrid.com/en/about-real-madrid/history/football/1900-1910-juan-padros-and-julian-palacios-found-madrid

https://www.realmadrid.com/en/about-real-madrid/history/presidents/julian-palacios

https://loc.gov/rr/hispanic/1898/intro.html

https://www.history.com/this-day-in-history/real-madrid-founded

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mantan bek kanan di liga kampus. Masih belajar jadi versi terbaik.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image