Jeremy Doku, Remaja Titisan Sadio Mane yang Kembali Dibidik Liverpool

News  
Pemain sayap Timnas Belgia, Jeremy Doku berduel dengan bek sayap Giovanni Di Lorenzo saat laga Belgia vs Italia di laga perempat final EURO 2020, 2 Juli 2021. (EPA-EFE/Matthias Schradder)
Pemain sayap Timnas Belgia, Jeremy Doku berduel dengan bek sayap Giovanni Di Lorenzo saat laga Belgia vs Italia di laga perempat final EURO 2020, 2 Juli 2021. (EPA-EFE/Matthias Schradder)

Nama Jeremy Doku kembali menjadi perhatian para pendukung Liverpool. Remaja bertalenta asal Belgia, yang sempat dijuluki sebagai titisan Sadio Mane, dikabarkan bakal didatangkan ke Anfield dalam waktu dekat.

Doku memang sudah mencuri perhatian sejak belia. Namun momen yang paling membuat ia menjadi sorotan adalah ketika timnas Belgia menurunkannya melawan Italia pada ajang Euro 2022.

Meski terbilang minim pengalaman di turnamen internasional, remaja 19 tahun yang diposisikan sebagai pemain sayap saat itu mampu tampil apik. Ia berulangkali merepotkan pertahanan Italia yang di antaranya dijaga bek tangguh Giovanni di Lorenzo dan Leonardo Bonnuci.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sayang, Belgia harus takluk 2-1 dalam laga perempat final tersebut. Mereka tersingkir. Italia kemudian menjadi juara turnamen.

Namun, penampilan tersebut membuat nama Doku bersinar. Banyak klub top Eropa meliriknya. Liverpool salah satunya.

The Reds sebenarnya nyaris merekrut si bintang muda pada saat usianya 15 tahun. Doku dan keluarganya bahkan sempat mengunjungi Anfield dan Melwood (basis pelatihan Liverpool selama lebih dari 70 tahun).

Ia sempat berbicara dengan Klopp, Mane, dan legenda Steven Gerrard soal kepindahan ke sana. Namun, entah kenapa, kepindahan tidak terealisasi.

“Saya berdikusi dengan Jurgen, Mane, Wijnaldum, dan juga Gerrard. Saya ngobrol banyak dengan Mane namun kami tidak berbicara hanya soal sepak bola," kata Doku.

“Kami juga berbicara banyak hal lain. Ia mengatakan kalau saya masih muda, masih punya banyak waktu, ia tidak mencoba meyakinkan saya atau mengatakan 'hayu bergabung ke mari, kamu bakal sukses," tambah dia.

Kini Liverpool kembali dikabarkan berencana merekrut Doku. Niatan tersebut seiring kontrak Sadio Mane dan Mohamed Salah yang bakal berakhir 2023.

Jurgen Klopp menurut Calciomercato bakal berusaha meminangnya musim panas ini. Meski mungkin tidak akan mudah atau pun murah.

Presiden Rennes Nicolas Holbeck musim panas lalu mengatakan, mungkin hanya bakal melepas Doku di kisaran £83 juta poundsterling atau sekitar 1,5 triliun rupiah.

Belum dipastikan apakah Liverpool mau membayar senilai itu. Apalagi mereka baru saja merogoh £45 juta (Rp 852 milair) untuk memboyong wonderkid lain, Luis Diaz, dua bulan lalu.

Sumber: Express.co.uk, 90min

Baca juga:

Letupan Takumi Minamino, Si Pendekar Samurai Liverpool

Manchester City Gagal Jauhi Liverpool

Sadio Mane dan Sajadah di Tangannya

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mantan bek kanan di liga kampus. Masih belajar jadi versi terbaik.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image