Christopher Nkunku, Dibuang PSG, Kini Lebih Tajam dari Vlahovic dan Haaland

News  
Penyerang sayap RB Leipzig, Christopher Nkunku usai mencetak gol.
Penyerang sayap RB Leipzig, Christopher Nkunku usai mencetak gol.

Christopher Nkunku. Sosok pemuda 24 tahun asal Prancis ini mungkin belum terlalu tersohor namanya. Namun pemain berstatus penyerang sayap di RB Leipzig punya ketajaman cukup mengagumkan.

Gol yang didulangnya setara dengan Mbappe dan bahkan lebih banyak dari mesin muda lain yang digadang-gadang paling menjanjikan di Eropa: Vlahovic, Harry Kane, hingga Erling Haaland.

Nkunku sudah mengemas 25 gol untuk klubnya dari 37 pertandingan di seluruh kompetisi sejauh ini.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Didatangkan dari Paris Saint-Germain dengan ongkos transfer 25 miliar rupiah pada musim panas 2019, Nkunku memulai debut dua musimnya di Bundesliga dengan catatan cukup apik. Ia mencetak 12 gol dalam 84 gim pertamanya untuk Leipzig di liga utama Jerman.

Dalam empat pertandingannya di turnamen Eropa musim ini, Nkuku sempat puasa menyarangkan gol. Tapi ia membuka musim 2021-22 lewat hat-trick melawan Manchester City di penyisihan grup Liga Champions. Meski akhirnya tetap kalah 6-3, tiga gol itu terbilang luar biasa.

Sejak itu, Nkunku mampu mempertahankan rata-rata impresif dengan menyarangkan gol di setiap 1,6 pertandingan untuk klub. Leipzig saat ini duduk di peringkat enam klasemen sementara Bundesliga. Mereka dua poin di belakang urutan keempat Hoffenheim dan terpaut 18 point dari pemuncak klasemen Bayern Munchen.

Pesepak bola muda yang sudah enam kali memperkat Timnas Prancis U21 menguatkan performanya dengan sejumlah cara mengagumkan. Ia bahkan menyumbang gol melawan beberapa klub level atas seperti Bayern dan Borussia Dortmund.

Ia juga menyala dalam ajang Liga Champions ketika melawan tim kelas berat seperti Manchester City dan Paris Saint-Germain. Itu membuatnya langsung menjadi incaran Manchester United untuk jendela transfer Juli mendatang.

Yang menarik, dari lima gelaran liga top di daratan Eropa (Liga Premier Inggris, LaLiga, Bundesliga Jerman, Liga Italia Serie A, dan Ligue 1 Prancis), baru tiga pemain yang memiliki jumlah gol lebih banyak.

Yang pertama adalah mesin gol Bayern Munchen Robert Lewandowski (42 gol dari 35 laga). Karim Benzema dari Real Madrid (30 dari 33 laga) ada di peringkat kedua, dan satu-satunya pemain non-striker murni dari Liverpool Mohamed Salah (27 dari 33 laga).

Sementara itu, Ciro Immobile dari Lazio (25 dari 32 laga) dan Mbappe (25 dari 35 laga) memiliki catatan gol sama dengan Nkunku, namun melakukannya dalam laga yang lebih sedikit.

Kendati demikian, Nkunku sejauh ini tetap mengantongi pundi gol lebih banyak dari striker dan penyerang tersohor Eropa lain. Sebagian di antaranya bahkan tertinggal jauh.

Kylian Mbappe

Bermain apik musim ini, catatan gol Mbappe sebelumnya berada di bawah Nkunku. Namun satu skornya ke gawang Real Madrid kini membuatnya telah melesakkan 25 gol di 35 pertandingan untuk Paris Saint-Germain di seluruh kompetisi musim ini.

Bintang muda Prancis tercatat sukses menyarangkan delapan gol dalam sembilan pertandingan terakhir untuk klub Paris.

Dusan Vlahovic

Salah satu pesepak bola muda paling menjanjikan di Eropa, Vlahovic mengemas 24 gol dari 32 pertandingan di seluruh kompetisi musim ini. Empat di antaranya datang dari delapan pertandingan yang ia lakoni bersama klub barunya Juventus, setelah meninggalkan Fiorentina.

Erling Haaland

Haaland mencetak 23 gol dari 20 penampilan musim ini. Sayangnya, rekor itu tertahan sementara setelah cedera yang kembali dialami membuatnya istirahat sementara bikin gol untuk Borussia Dortmund

Harry Kane

Sempat mengawali musim ini dengan pelan, mencetak delapan gol dari 22 penampilan pertamanya untuk Tottenham, (enam di antaranya dihasilkan di fase gugur Europa Conference League), Kane langsung tancap gas tahun ini dengan menyarangkan 22 gol dalam 39 pertandingan.

Ia sempat menumpul dengan mencetak satu gol dalam 13 pertandingan di Liga Inggris. Namun, Kane mulai menemukan ketajamannya kembali sejak Desember lalu dan sekarang telah menyarangkan 12 gol dari 12 laga di bawah pelatih Antonio Conte.

Vinicius Junior

Mengakhiri musim lalu dengan enam gol dari 49 pertandingan Real Madrid, bintang muda Brasil bersinar musim ini dengan mencetak skor 16 kali dari 36 penampilan.

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Digabung (22 gol)

Seperti sulit menolak dimakan usia, Ronaldo dan Messi kian menurun catatan golnya musim ini. La Pulga baru mencetak dua kali di Liga 1 sejak pindah dengan status bebas transfer ke Paris Saint-Germain musim panas lalu.

Ronaldo, di lain pihak, mencetak 15 gol dari 31 pertandingan sejak kembali ke Manchester United. Ia lebih unggul dari Messi yang baru mencetak tujuh gol dari 24 pertandingan untuk PSG di seluruh kompetisi.

Bicara soal kontribusi gol untuk klubnya, baik Ronaldo dan Messi juga ternyata masih kalah dari Nkunku dalam seluruh kompetisi musim ini. Penyerang sayap RB Leipzig winger telah menyumbang 13 assist untuk rekan setimnya, sementara Messi 11 dan Ronaldo menyodorkan tiga.

Daftar Pencetak Gol Terbanyak di Lima Liga Top Eropa Musim Ini


1. R. Lewandowski (Bayern Munchen): 35 laga-42 gol

2. K. Benzema (Real Madrid): 33 laga, 30 gol

3. M. Salah (Liverpool): 33 laga, 27 gol

4. C. Immobile (Lazio): 32 laga, 25 gol

5. K. Mbappe (PSG): 35 laga, 25 gol

6. C. Nkunku (RB Leipzig): 37 laga, 25 gol

7. D. Vlahovic (Juventus): 32 laga, 24 gol

8. E. Haaland (Dortmund): 20 laga, 23 gol

Sumber: ESPN, BBC Sport

Baca Juga:

Mbappe Pangeran, Benzema Masih Rajanya

Laporta tidak Menyesal Depak Messi dari Barca

Cedera Kambuh, Erling Haaland Absen Sampai Bulan Depan

'Cristiano Ronaldo tidak Tambah Muda di Manchester United'

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mantan bek kanan di liga kampus. Masih belajar jadi versi terbaik.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image