Laporta tidak Menyesal Depak Messi dari Barca

News  
Presiden Barcelona Joan Laporta. Ilustrasi
Presiden Barcelona Joan Laporta. Ilustrasi

Presiden Barcelona Joan Laporta mengaku tidak menyesal melepas pemain superbintang Lionel Messi. Menurutnya itu adalah keputusan terbesar dan tersedih baginya. Namun, di tengah krisis finansial yang dialami klub dan peraturan La Liga soal gaji, ia merasa keputusan itu tepat.

"Itu adalah keputusan tersedih di atas segalanya," kata Laporta kepada media ofisial Barcelona dikutip Marca, Selasa (8/3/2022).

"Saya tidak akan pernah ingin melakukan itu, tapi saya juga tidak menyesal melakukannya karena kami harus menempatkan kepentingan klub di atas apapun, bahkan di atas pemain terbaik. Situasinya seperti itu saat itu."

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Laporta, Barca sempat dihadapkan pada kenyataan pahit. Namun, beruntung, mereka kini bisa mulai menata kembali dan bergerak ke jalur baik.

"Sejarah Barcelona berlanjut dan melalui kerja dan keputusan yang dipikirkan masak kami mampu kembali ke jalur kesuksesan, yang saat ini sedang kami coba lakukan," tambah dia.

Keputusan Mendepak Koeman

Laporta juga mengaku tidak menyesal karena mendepak pelatih Ronald Koeman. Ia mengucapkan terima kasih pada Koeman karena telah memberikan kesempatan pada para pemain muda Barca berkembang.

Namun keputusan untuk melepaskannya juga dinilainya tepat.

Ia mengaku sempat ragu melakukan itu. Apalagi Koeman sangat dihormatinya. Pada akhirnya, keputusan terbaik lagi lagi harus diambil.

"Ada saat dimana saya melihat keputusan menyakitkan lain harus dibuat...Jika ia merasa tersakiti, saya harap itu segera hilang," kata Laporta.

Xavi Sebagai Pelatih

Presiden Barcelona, yang baru kembali menjabat pada 2021 ini, juga mengatakan pengganti Koeman, yakni Xavi Hernandez menjadi salah satu pilihan tepat yang dibuatnya. Xavi, menurutnya mampu menjalankan tanggung jawab yang diberikan kepadanya dengan baik.

"Xavi telah melakukan hal luar biasa atas kesempatan yang diberikan Barcelona padanya karena ia pelatih yang mengenal klub, yang mencintai klub, yang menghormati keputusan klub, dan seseorang yang memiliki kepribadian yang tidak mudah terpengaruh," kata Laporta.

"Ia sangat jelas dengan bagaimana cara kami harus bermain dan ia pekerja keras, ia mencintai sepak bola dan itu yang membuatnya hidup secara konstan terkait apa itu Barcelona dan apa sebenarnya tim ini."

"Saya bahagia memiliki pelatih seperti Xavi. Saya meyakini ia adalah pelatih untuk tahun-tahun mendatang dan ia akan memberikan kami banyak kebahagiaan."

Kontrak Araujo dan Gavi

Laporta tidak menjawab dengan tegas apakah Barcelona sudah membicarakan perpanjangan kontrak Ronald Araujo dan Gavi. Meski ia mengekspresikan keinginan untuk mengikat kedua bintang muda lebih lama lagi.

"Kami telah menempatkan kembali standar ke tim inti Barcelona. Karena itu saya sangat bersyukur kepada para pemain yang kami perbaharui kontraknya. Jika seorang pemain ingin bertahan di Barcelona, ia akan bertahan," kata dia.

"Saya harap itu juga bisa terjadi pada Gavi dan Araujo sama halnya dengan Ansu Fati, Pedri, atau Nico [Gonzalez]. Saya harap bisa meraih kesepakan dengan mereka, namun Barcelona tetap lebih didahulukan"

Laporta juga menekankan bahwa klub butuh membuat sejumlah keputusan dan kesepakatan yang bakal membantu mereka mendatangkan pemain pada musim panas mendatang. Dan itu tergantung pada putusan selama dua bulan ini.

"Jika kami bisa melakukan beberapa operasi yang kami telah kerjakan sepanjang tahu, kami akan melakukannya," ujar Laporta.

Apakah Barcelona akan Memboyong Haaland?

Ketika ditanya mengenai peluang merekrut mesin gol Borussia Dortmund Erling Haaland, Laporta hanya memberikan jawaban diplomatis. Ia enggan berbicara detail mengenai rencana mereka merekrut pemain di masa depan.

"Saya tidak bisa bicara mengenai pemain-pemain karena mereka bisa menaikan harganya, " kata Laporta.

Ia hanya mengatakan bahwa Direktur Barcelona Mateu Alemany dan Jordi Cruyff saat ini sedang bekerja baik dengan Xavi dan sudah mengetahui siapa yang mereka inginkan. Barcelona, kata dia, akan terus memperkuat semua lini.

"Keuntungan yang kami miliki adalah pemain-pemain dengan kualitas hebat ingin datang ke Barcelona dan itu adalah premis sangat-sangat penting. Bicara mengenai pemain ini (Haaland), saya tidak harus mengutarakan apa-apa.," tambahnya.

"Mari berhenti membicarakan pemain karena kita akan menaikan harga mereka dan tidak menguntungkan untuk Barcelona."

Sumber: Marca

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mantan bek kanan di liga kampus. Masih belajar jadi versi terbaik.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image