Conte: Mustahil Benahi Tottenham dalam Waktu Singkat

News  
Pelatih Tottenham Hotspur, Antonio Conte. Ilustrasi
Pelatih Tottenham Hotspur, Antonio Conte. Ilustrasi

Pelatih asal Italia Antonio Conte mengakui tim yang diasuhnya saat ini, Tottenham Hotspur, sangat tidak stabil dalam melakoni pertandingan demi pertandingan. Masalah itu menurutnya sudah mengakar kuat dan sulit dibenahi dalam waktu singkat.

Conte mengungkapkan itu dalam konferensi pers, Jumat (4/3/2022) jelang pertandingan melawan Everton Selasa mendatang. Menurutnya Tottenham memang sudah menghadapi kendala ini selama bertahun-tahun.

"Untuk melakukan itu dan mengubah situasi yang telah menjadi masalah bertahun-tahun tidaklah mudah," kata Conte dalam konferensi pers, Jumat (4/3/2022). "Mustahil melakukannya dalam waktu singkat, bukan hanya untuk saya, juga untuk semua pelatih yang datang ke sini."

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Conte, naik-turunnya Tottenham bagaikan cerita usang yang diulang-ulang. Masalah ini membekap klub selama 20 tahun terakhir ini.

Ia mengatakan, perubahan drastis harus dilakukan agar kisah itu tak lagi terjadi. Spurs harus mulai memperbaiki diri dan membuat penampilan mereka lebih stabil.

"Untuk bisa tampil kompetitif dan berusaha memenangkan sesuatu dan untuk memperjuangkan sesuatu yang penting dan menjadi tim kuat, hal pertama harus dilakukan adalah menjadi stabil dan menghindari naik-turun ini," ujar mantan pelatih Inter Milan dan Chelsea.

Sempat Frustrasi

Antonio Conte sempat mengaku frustrasi dengan performa kurang ajek timnya saat kalah 1-0 melawan Burnley, Kamis (24/2/2022) lalu. Padahal mereka baru saja memenangkan laga penting melawan Manchester City sebelumnya.

Mereka saat itu mencatatkan empat kali kekalahan dari lima pertandingan terakhir di Liga Inggris. Ia tidak mengerti kesalahan ada di mana. "Saya tidak terbiasa dengan situasi ini. Saya sudah mencoba segalanya namun situasinya tidak berubah, " kata Conte usai laga.

Conte bahkan sampai berkomentar dengan nada pasrah. Ia siap dievaluasi, jika memang kesalahan ada padanya, ia bersedia untuk pergi. "Saya di sini untuk membantu klub dan jika masalahnya ternyata ada di pelatih saya siap untuk pergi, tidak masalah," kata dia waktu itu.

Baca: Tottenham Dikalahkan Burnley, Conte: Saya Siap Pergi

Usai pernyataan mengejutkan itu, Tottenham kemudian menang melawan Leeds United pada Sabtu kemarin. The Lillywhites menang dengan skor meyakinkan 4-0.

Harry Kane, usai pertandingan, sempat mengakui, meski menang, Spurs masih harus menjaga konsistensi mereka di laga-laga sisa. Terutama memperbaiki respons ketika berada dalam situasi yang tidak menguntungkan. "Kami masih tim yang butuh lebih konsisten dan memaksimalkan peluang ketika kami tidak bermain bagus," kata Kane.

Baca: Respons Terbaik Harry Kane dan Tottenham untuk Conte

Kane pun tidak lupa memuji kerja keras yang dilakukan Conte untuk membenahi tim ini. Menurutnya, rekan-rekannya di Tottenham harus terus berusaha menerapakan apa yang sudah diarahkan pelatih dan menerjemahkannya di lapangan.

"Ia membawa hasrat besar ke klub setiap hari dan pada saat laga berlangsung dan ini soal bagaimana kami merespons apa yang dia inginkan (dalam pertandingan)," kata dia.

Tottenham saat ini berada di peringkat tujuh klasemen Liga Inggris 2021-2022. Mereka sudah mengantongi poin 42 dari 25 pertandingan.

Bicara peluang, Harry Kane dan kawan-kawan sebenarnya masih punya asa masuk empat besar dan merebut tiket zona Liga Champions musim depan. Mereka kini berjarak lima poin dengan tim peringkat empat Manchester United.

Salah satu syarat untuk mencapai itu, adalah menang melawan Everton pada Selasa mendatang. Dalam jumpa pers kemarin, Conte tidak mengungkapkan banyak soal targetnya menghadapi Everton.

Ia hanya mengatakan, beberapa pemain sudah siap diturunkan dalam laga nanti. Di antaranya ada Lucas Moura dan Rodrigo Bentancur.

"Bentancur siap dimainkan, Lucas Moura juga," kata Conte. "Namun, [Oliver] Skipp dan [Japhet] Tanganga belum bisa, kita tunggu saja."

Sumber: BBC Sport

Lihat jadwal bola hari ini, Sabtu 5 Maret 2022: Liga Italia, Liga Inggris, La Liga, BRI Liga 1

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mantan bek kanan di liga kampus. Masih belajar jadi versi terbaik.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image