Fred Lebih Baik dari Lionel Messi?

Ulasan  
Fred (kiri) dan Lionel Messi (kanan). Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Fred (kiri) dan Lionel Messi (kanan). Foto: EPA-EFE/PETER POWELL

Keputusan Rangnick memasukan Fred pada menit ke-67' sepertinya riskan. Manchester United baru saja kemasukan dua gol. Pemain Leeds United sedang berapi api. Paul Pogba, bermain apik sejak babak pertama, justru ditarik keluar. Kedudukan sementara 2-2. Setan Merah bisa saja kalah. Apa yang bisa berubah?

Whuss. Keraguan tersebut mendadak hilang dalam tiga menit saja. Masuknya pemain Brasil ternyata langsung menjadi pembeda.

Diawali pergerakan apik Bruno Fernandes, mencungkil bola umpan ke atas melewati bek Leeds, ia menggiring bola ke depan kotak musuh. Tampak bukan mengumpan, menggocek lawan, Bruno mengarahkan bola ke sisi kiri. Seperti entah datang dari mana, Fred tiba-tiba menyambar dan melepaskan sepakan mendatar mengolongi kiper. Gool.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Fred memang bukan satu-satunya pencetak gol dalam laga pada Senin (21/2/2022) dini hari WIB kemarin. Maguire, Bruno Fernandes menyarangkan lebih dahulu pada pabak pertama. Namun, bicara momentum, golnya sangat berarti penting bagi MU.

Leeds, tertinggal dua gol, langsung menggebrak sejak masuk babak kedua. Bak pejuang perang, di tengah lapangan sembab akibat diguyur hujan deras, The Whites melancarkan gempuran sengit. Hasilnya berujung baik. Pada menit 53', Rodrigo menyarangkan gol balasan, semenit kemudian Raphinha ikut mencuri angka.

Dua gol Leeds seakan langsung meruntuhkan hasil apik Jadon Sancho, Fernandes dan kolega di 45 menit sebelumnya. Beruntung Fred masuk. Ia mengubah angka dan disusul kemudian oleh Elanga. Manchester dapat berlapang dada, pulang ke Old Trafford menang dengan skor 4-2.

Statistik Fred vs Messi Musim Ini

Gol kemarin malam merupakan ketiga bagi Fred musim ini. Gol pertama dicetaknya juga ke kandang Leeds, pertengahan tahun lalu. Yang kedua ke gawang Crystal Palace.

Yang menarik, jumlah gol pemain gelandang ini ramai disanding-sandingkan dengan jumlah gol Lionel Messi di Liga Prancis bersama PSG. Fred lebih unggul. Sebab, Messi baru mencetak dua gol di liga selama bergabung dengan klub Paris. Fans MU pun heboh membahas ini. Media sosial penuh bertebaran dengan meme Fred.

Pemain Brasil berusia 28 tahun, mengutip catatan resmi Premier League, sudah membuat 20 penampilan di Liga Inggris musim ini. Tercatat ada 983 operan yang dilakukan Fred selama tampil di Liga bersama MU. Tiga di antaranya berupa assist atau operan berbuah gol. Bila melirik catatan total, Fred sudah membuat tujuh gol untuk MU di seluruh kompetisi.

Sementara bila melihat catatan Messi, menurut situs web resmi Ligue 1, gol baru dua kali bersarang dari 15 penampilan bersama PSG. Namun dari sembilan pertandingan di liga, ia menyumbang 8 assist.

Messi, di seluruh kompetisi bersama klub Paris, telah mencatat tujuh gol dan sembilan assist dalam 22 penampilan.

Fred Lebih Baik dari Messi?

Bila melihat semata pada jumlah gol musim ini, boleh saja menyebut Fred unggul dari Messi. Namun, bila melirik pada catatan lebih menyeluruh, Fred, tentu belum apa-apa.

Ramainya bahasan soal Fred lebih banyak bikin gol musim ini ketimbang Messi hanyalah bagian dari euforia. Dari segi isu, sangat seksi. Layak memicu obrolan seru di media sosial atau beranda media massa.

Mesi adalah Messi. Ia masih salah satu pemain fenomenal yang sulit tertandingi. Bila melihat catatan secara lengkap dan utuh, prestasinya masih sangat mengagumkan hingga sekarang. Apalagi bicara soal gol.

Sepanjang bermain di ajang liga, termasuk bersama Barcelona di Liga Spanyol dan PSG di Ligue 1, ia kini sudah mencatatakan 487 gol dari 567 penampilan. Itu belum termasuk gol yang dibuatnya di kompetisi lain bersama klub. Dimana dari 832 penampilan, Messi menyarangkan total 690 gol.

Sementara Fred selama penampilan di liga, termasuk saat membela Inter de Porto Alegre (Liga Brasil), Shakthar Donetsk (Liga Ukraina), dan Man Utd, baru mencetak 22 gol dari 230 penampilan. Bila ditambah dengan 357 penampilan di kompetisi lain bersama tiga klub itu, jumlah totalnya menjadi 30 gol. Sangat jauh jaraknya.

Fred memang masih punya banyak waktu untuk (mungkin) mendekati rekor Messi. Usianya masih muda, 28 tahun. Meski, tetap saja, rasanya bakal sangat sulit.

Messi kini berusia 34 tahun. Namun kiprahnya diperkirakan belum akan habis dalam waktu dekat.

La Pulga, dengan talentanya, masih berpotensi menciptakan lebih banyak prestasi, termasuk gol untuk PSG. Dalam waktu dekat, ia bisa saja dengan mudah melampaui gol Fred di liga musim ini.

Sumber: Premier League, Ligue 1, Marca, BBC Sport, Wikipedia

Baca juga:

Aksi Brilian Mbappe Lunasi Kegagalan Messi

Messi tak Pernah Absen Cetak Gol Sejak 2005

Messi tidak Bahagia di PSG

De Jong: Barcelona Merindukan Messi

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mantan bek kanan di liga kampus. Masih belajar jadi versi terbaik.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image