Senegal Vs Mesir, Sadio Mane Cs Angkat Trofi Perdana Piala Afrika

News  

Senegal akhirnya berhasil mengangkat trofi perdana Piala Afrika. Sadio Mane dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Mesir di final Piala Afrika 2021 lewat drama adu penalti dengan skor 4-2 (0-0).

Sadio Mane mengakhiri penantian panjang Senegal untuk menjuarai Piala Afrika. (Foto: republika.co.id).
Sadio Mane mengakhiri penantian panjang Senegal untuk menjuarai Piala Afrika. (Foto: republika.co.id).

Duel Senegal melawan Mesir di Paul Biya Stadium, Olembe, Yaounde, Senin (7/2) dini hari WIB menjadi sejarah manis bagi the Lions of Teranga. Lantaran selama ini prestasi terbaik Senegal hanya sebagai finalist Piala Afrika pada 2002 dan 2019.

Adalah Sadio Mane yang menjadi pahlawan kemenangan Senegal di Paul Biya Stadium. Tendangan penalti Supermane menjadi penentu kemenangan sekaligus melahirkan sejarah manis bagi Senegal di Piala Afrika.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Senegal sudah 16 kali lolos ke Piala Afrika. Namun, predikat sebagai jawara di benua hitam baru resmi disandang tahun ini di Paul Biya Stadium.

Gelar juara Piala Afrika 2021 ibarat penawar luka kegagalan menang Senegal pada final edisi sebelumnya. Senegal pulang dengan tangan hampa lantaran dikalahkan Aljazair dengan skor tipis 0-1 dalam laga final Piala Afrika 2019 di Kairo.

Gelaran Piala Afrika tahun ini boleh dibilang perjalanan yang mulus bagi Senegal. Sejak menjalani babak penyisihan hingga final, Edouard Mendy dan kawan-kawan mencatatkan empat kemenangan dan dua hasil imbang.

Sebelum laga final, Mane dan kawan-kawan ingin mendedikasikan trofi Piala Afrika 2021 bagi sang pelatih Senegal, Aliou Cisse. Menurut bintang Liverpool itu, Cisse merupakan sosok yang pantang menyerah dan baik sebagai pelatih atau saat masih menjadi pemain Senegal.

“Kami ingin memenangkan trofi Piala Afrika ini untuk dia (Cisse) dan negara kami (Senegal). Dia layak mendapatkannya setelah melewati segala ujian sebagai pemain dan pelatih Senegal,” kata Mane kepada dikutip BBC Sport Africa.

Misi Mane dan tim nasional Senegal pun tuntas dengan mempersembahkan gelar juara Piala Afrika 2021 bagi Cisse. Perjuangan yang begitu berat dilakoni Supermane cs di Paul Biya Stadium demi mengakhiri penantian panjang meraih trofi Piala Afrika yang diidam-idamkan.

Piala Afrika 2021 seharusnya digelar pada 9 Januari hingga Februari 2021. Perhelatan Piala Afrika diundur menjadi 2022. Meski digelar pada 2022 akibat pandemi Covid-19, tapi nama yang digunakan Piala Afrika 2021 karena alasan sponsor.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang nulis yang always kepo dengan kabar sepak bola.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image