Bukan Cuma Mo Salah, Aksi Gabaski Curi Perhatian di Piala Afrika 2021

Ulasan  
Mohamed Abou Gabal atau Gabaski menjadi aktor di balik kesuksesan Mesir melaju ke final Piala Afrika 2021. (Foto:  Squawka). 
Mohamed Abou Gabal atau Gabaski menjadi aktor di balik kesuksesan Mesir melaju ke final Piala Afrika 2021. (Foto: Squawka).

Mesir melangkah ke final Piala Afrika 2021 usai menyingkirkan Kamerun lewat drama adu penalti dengan skor 3-1 (0-0) di Stadion Paul Biya, Yaounde, Jumat (4/2) dini hari WIB. Bukan cuma Mohamed Salah yang menjadi sorotan, kiper cadangan Mesir, Mohamed Abou Gabal atau Gabaski pun sukses mencuri perhatian sebagai pahlawan kemenangan.

Gabaski boleh dibilang menjadi aktor penting tim nasional Mesir di Piala Afrika 2021. Meski berstatus kiper serep, aksi gemilang Gabaski membuat Mesir terus bertahan di Piala Afrika 2021, bahkan melaju ke partai pamungkas.

Di babak semifinal melawan Kamerun, aksi Gabaski tentu saja akan selalu diingat para pencinta sepak bola khususnya suporter Mesir. Penjaga gawang berusia 33 tahun itu sukses menepis dua tendangan penalti pemain Kamerun, yakni James Lea dan Haroid Moukoudi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tak hanya itu, Gabaski juga bermain apik selama waktu normal pada laga bertempo tinggi antara Kamerun dan Mesir. Ia membuat tiga penyelamatan yang semua berasal dari dalam kotak penalti.

Bukan kali itu saja Gabaski menepis tendangan penalti di ajang Piala Afrika 2021. Ia juga mampu menepis tendangan penalti Eric Bailly saat Mesir melawan Pantai Gading di babak 16 besar Piala Afrika 2021.

Hebatnya, Gabaski saat itu hanya sebagai pelapis kiper utama Mesir, yakni Mohamed El Shenawy. Pelatih Mesir Carlos Queiroz baru menurunkan Gabaski ke lapangan pada menit ke-88 saat Pasukan Sang Firaun bertemu Pantai Gading di babak 16 besar Piala Afrika 2021.

Bermain apik di babak 16 besar, Gabaski kembali dipercaya Queiroz sebagai penjaga gawang Mesir di babak perempat final. Maroko menjadi ujian selanjutnya bagi Gabaski. Namun, kiper bernama lengkap Mohamed Qotb Abou Gabal Ali itu kembali menunjukkan permainan berkelasnya.

Bermain di Stade de Japoma, Douala, Kamerun, Rabu (26/1) malam WIB, gawang Mesir diselamatkan Gabaski dari serangan para pemain Maroko. Meski kebobolan satu gol, akhirnya Mesir menang 2-1 atas Maroko di babak perempat final Piala Afrika 2021.

Gabaski tetap tampil optimal sejauh ini di Piala Afrika 2021, meskipun sebenernya ia masih dibebat cedera. Pemain Zamalek itu benar-benar sukses mencuri perhatian di Piala Afrika 2021.

Partai final Piala Afrika 2021 melawan Senegal di Stadion Olembe, Yaounde, pada Senin (7/2) dini hari WIB akan menjadi ujian Gabaski yang sesungguhnya. Menarik untuk disimak aksi Gabaski menghadapi para pemain Senegal yang agresif dan memastikan, apalagi ada sosok Sadio Mane yang permainannya gacor.

BBC Sport menilai duel Kamerun melawan Mesir merupakan pertemuan antara dua tim paling sukses dalam sejarah kompetisi Piala Afrika. Lantas, apakah partai final antara Mesir melawan Senegal akan lebih kompetitif dan menajanjikan lagi? Jangan lupa simak aksi kedua tim tersebut.

Sumber: BBC Sport, The Guardian, Squawka

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang nulis yang always kepo dengan kabar sepak bola.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image