Mohamed Salah yang tak Pernah Salah

Ulasan  
Mohamed Salah menjadi pemain sentral di Tim Nasional Mesir. (Foto: republika.co.id)
Mohamed Salah menjadi pemain sentral di Tim Nasional Mesir. (Foto: republika.co.id)

Mohamed Salah yang tak pernah salah. Tampaknya ungkapan tersebut tidak terlalu berlebihan.

Salah adalah salah satu pesepak bola kelas dunia saat ini. Tak hanya gacor bermain di level klub bersama Liverpool, Salah juga tampil apik bersama Tim Nasional Mesir.

Salah memiliki peran vital atas kesuksesan Mesir melaju ke final Piala Afrika 2021. Mesir melangkah ke final usai menyingkirkan Kamerun lewat drama adu penalti dengan skor 3-1 (0-0) di Stadion Paul Biya, Yaounde, Jumat (4/2) dini hari WIB.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Mesir bakal berjumpa dengan Senegal yang sudah lebih dulu memastikan satu tempat di laga final Piala Afrika 2021. Laga tersebut akan spesial buat Salah karena ia akan melawan Sadio Mane yang merupakan rekan setimnya di Liverpool.

Sepak terjang Salah di Piala Afrika 2021 patut mendapat pujian. Salah harus diakui memiliki peran dominan untuk Mesir sepanjang turnamen Piala Afrika 2021.

Bisa terlihat dari babak 16 besar Piala Afrika 2021 saat Mesir melawan Pantai Gading di Stade de Japoma, Douala, Kamerun, Rabu (26/1) malam WIB, Salah menjadi penentu langkah timnas Mesir ke perempat final Piala Afrika 2021.

Mesir memastikan lolos ke perempat final usai memenangkan laga lewat adu tendangan penalti dengan Pantai Gading. Lantaran duel Mesir melawan Pantai Gading berakhir imbang tanpa gol hingga 120 menit.

Salah memperlihatkan tajinya saat membantu Mesir menghentikan perlawanan Maroko di babak perempat final Piala Afrika 2021. Bermain di Ahmadou Ahidjo Stadium, Yaounde, Kamerun, Minggu (30/01) malam WIB, laga antara Mesir dan Maroko bertensi tinggi dan penuh permainan agresif.

Gol semata wayang Salah berhasil menyelamatkan Mesir dari kekalahan melawan Maroko. Skor 1-1 bertahan sampai babak kedua berakhir sehingga berlanjut ke babak extra time.

Umpan datar yang dilakukan Salah dari sayap kanan ke arah Mahmoud Hassan alias Trezeguet berbuah gol untuk Mesir. Skor berubah 2-1 untuk Mesir. Salah sebetulnya berpeluang menambah keunggulan Mesir menjelang babak kedua extra time berakhir, tapi tendangannya masih melebar dari gawang Maroko.

Skor 2-1 membawa Mesir ke semifinal Piala Afrika 2021. Tak hanya berjasa di fase perempat final, peran Salah lagi-lagi dominan untuk Mesir saat melawan Kamerun di babak semifinal yang menguras tenaga hingga babak adu penalti. Terbukti tiket final Piala Afrika 2021 berhasil diraih Salah dan kawan-kawannya.

Meskipun Salah bermain apik, sepak terjangnya dianggap remeh oleh striker Tim Nasional Kamerun, Vincent Aboubakar. Bahkan, ia menyebut Salah tidak selevel dengan Kylian Mbappe.

“Salah tidak membuat saya terkesan. Saya berbicara apa adanya karena saya adalah orang yang jujur. Jika dia membuat saya terkesan, tentu saya akan mengakuinya. Tapi, dia sama sekali tidak membuat saya terkesan,” kata Aboubakar seperti dikutip Daily Mail.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang nulis yang always kepo dengan kabar sepak bola.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image