Ini Komentar Mourinho Usai AS Roma Juara Conference League

News  
Pelatih AS Roma mencium piala Europa Conference League, Kamis (26/5/2022) dini hari WIB. (EPA-EFE)
Pelatih AS Roma mencium piala Europa Conference League, Kamis (26/5/2022) dini hari WIB. (EPA-EFE)

Pelatih AS Roma Jose Mourinho mengatakan klubnya telah mencatatkan sejarah baru usai menjuarai UEFA Europa Conference League, Kamis (26/5/2022) dini hari WIB. Il Lupi angkat trofi usai mengalahkan Feyenoord di partai final yang digelar di Stadion Arena Kombetare, Tirana, Albania.

"Kami telah mencatatkan sejarah. Ini adalah kompetisi yang kami yakini kami akan juara sejak awal dimulai," kata Mou usai seremoni kepada Sky Sport, Kamis.

Mou tidak menampik rasa bahagianya membawa Roma juara. Apalagi mengetahui penantian klub dan para suporter untuk mengangkat trofi. Ia pun kini merasa sebagai Romanista sejati.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Saya tahu sejak tiba di Roma apa maknanya ini bagi mereka. Mereka telah menunggu sesuatu seperti ini," kata Mou. "Malam ini bukan soal bekerja, melainkan sejarah. Kami harus menuliskan sejarah. Kami melakukannya.

AS Roma mengakhiri penantian 14 tahun untuk kembali mengangkat trofi bergengsi usai mengalahkan Feyenoord, Kamis dini hari WIB tadi. Berkat kemenangan tipis 1-0 di final, Il Lupi kini resmi berstatus juara UEFA Europa Conference League musim 2021-2022.

Nicolo Zaniolo menjadi pahlawan dalam laga ini. Gelandang serang berusia 22 tahun sukses menyarangkan gol kemenangan ke gawang Feyenoord pada menit ke-32. Usai menyambut bola di dalam kotak penalti dengan kontrol baik, ia mampu menaklukkan kiper Justin Bijlow dari sepakan jarak dekat.

Gol ini menjadi satu satunya hingga babak kedua berakhir sekaligus mengunci gelar untuk Roma. Penggawa dan suporter Il Lupi pun merayakan dengan gegap gempita. Sebab, untuk pertama kalinya sejak 14 tahun, mereka akhirnya mampu mengangkat trofi lagi.

Roma terakhir kali mengangkat piala pada turnamen Coppa Italia musim 2007-2008. Sementara di kancah Eropa, mereka hanya mencapai partai final pada musim 1983/1984 ketika menghadapi Liverpool dalam Liga Champions. Giallorossi saat itu kalah adu penalti 2-4 setelah imbang 1-1 selama 120 menit.

Pelatih AS Roma Jose Mourinho ikut menjadi salah satu sorotan dalam raihan gelar ini. Mou kini tercatat sebagai manajer/pelatih pertama yang memenangkan tiga turnamen Eropa dengan empat klub berbeda.

Ia pernah meraih gelar Piala UEFA dan Liga Champions selama melatih Porto. Pada musim 2009-2010, ia juga sukses memboyong trofi Liga Champions ke Inter Milan. Saat melatih Manchester United, tembus ke final Liga Europa dan memenangkannya pada 2017.

Kini, bersama Roma, ia pun untuk pertama kalinya Mou merebut piala Conference League musim 2021/2022 dan menorehkan sejarah baru.

Sumber: BBC Sport, Sky Sports

Baca juga:

- AS Roma Juara Europa Conference League Musim 2021-2022

- Peluang Mou dan AS Roma Ukir Sejarah Baru

- Penantian AS Roma dan Mourinho yang Mendadak 'Cengeng'

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mantan bek kanan di liga kampus. Masih belajar jadi versi terbaik.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image