'Ronaldo Sebaiknya Pensiun Saja'

News  
Cristiano Ronaldo. Ilustrasi. (Foto EPA-EFE/Tim Keeton.
Cristiano Ronaldo. Ilustrasi. (Foto EPA-EFE/Tim Keeton.

Ronaldo salah satu pesepak bola terbaik zaman ini. Sejak bergabung ke Manchester United pada usia 18 tahun, karier sepak bola profesionalnya bertabur prestasi. Lima penghargaan Ballon d'Or dan empat Sepatu Emas Eropa miliknya beberapa bukti paling sahih.

Secara nama, bintang Portugal hingga sekarang masih disegani. Namun bicara performa, kilau pemain yang baru saja menginjak 37 tahun pada Januari lalu, mulai semakin meredup. Entah karena sedang kurang menyala saja atau kariernya memang mulai senja.

Ronaldo memang masih top skorer MU musim ini dengan 15 gol dari seluruh kompetisi. Namun, beberapa pekan ke belakang, ia seperti sedang ambil banyak cuti. Cuti bikin gol.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Absen terpanjang musim ini adalah saat gagal mencetak gol dalam tujuh pertandingan hingga 15 Februari 2022. Ia bahkan gagal menendang penalti saat MU dikalahkan Middlesbrough di piala FA. Catatan tanpa gol ini prestasi terburuknya sejak 2013.

Pelatih Ralf Rangnick sempat menyinggung produktivitasnya jelang melawan Brighton di Old Trafford. "Ia harus cetak lebih banyak gol, itu tentu saja," kata pria Jerman.

Baca: Rangnick: Ronaldo Harus Lebih Banyak Bikin Gol

Entah termotivasi atau tersinggung, Ronaldo menjawab itu langsung pada malamnya. Ia memasukkan satu gol ke gawang Brighton pada menit 51'.

Golnya cukup apik. Menerima umpan McTominay, Ronaldo menggiring bola ke depan garis kotak lawan, mengecoh satu bek, lalu melepaskan tembakan kencang jauh mengarah kanan gawang.

Gol itu sempat memberikan harapan kepada suporter ia bakal kembali produktif. Namun itu ternyata momen sesaat. Tak lama setelahnya, lagi-lagi Ronaldo 'ambil' cuti.

Pertandingan melawan Watford akhir pekan lalu mungkin paling bikin frustrasi. Beberapa peluang ia dapat. Namun, tak satupun masuk gawang. Satu tendangan bahkan mengenai tiang. Ronaldo sempat tertangkap kamera menaruh tangan di tiang gawang sambil menundukkan kepala.

Baca: Manchester United Frustrasi Lawan Watford

Ronaldo, Sudah Waktunya Gantung Sepatu?

Salah satu legenda Timnas Prancis, Frank Leboeuf memberikan komentar cukup mengejutkan belum lama ini ketika membahas soal Ronaldo. Ia menilai CR7 seharusnya memutuskan untuk sudah, pensiun saja.

Ronaldo, kata dia, jelas bukan pemain sama ketika di MU dulu dan Real Madrid. Ya, dia tetap pemain hebat. Namun sampai kapan ia akan berusaha memaksa diri. Leboeuf justru khawatir ia bakal menuju keterpurukan. Sebab itu, sekarang adalah momen tepat menurut ia untuk Ronaldo gantung sepatu.

"Saya tidak ingin melihat Ronaldo dan merasa kasihan padanya, karena ia sudah berada di puncak selama beberapa tahun," kata dia. "Saya tidak ingin dia berakhir sebagai pemain biasa-biasa saja. Ia telah sudah cukup lama menjadi pemain luar biasa."

"Saya lebih mengharapkan Ronaldo sebaiknya pensiun saja mumpung kariernya masih sedang berada di atas ketimbang mencoba dan bermain dua atau tiga tahun lagi dan tidak lagi menjadi sosok pemain yang sebelumnya melekat kuat."

Lebouf pun mendorong Ronaldo untuk sudah mulai memikirkan serius masa depan setelah sepak bola.

"Mungkin ini waktunya bagi Cristiano Ronaldo, di ujung kariernya, berdiskusi dengan diri sendiri, dan mungkin dengan sebagian anggota keluarganya, untuk mengetahui apa yang harus dia lakukan di sisa kariernya, jika ada masa depan dalam kariernya," tambah Lebouf.

Sumber: Marca, BBC Sport

Baca juga: 'Cristiano Ronaldo tidak Tambah Muda di Manchester United'

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mantan bek kanan di liga kampus. Masih belajar jadi versi terbaik.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image