Resmi, Indonesia Protes ke AFC Terkait Keputusan Kontroversial Wasit Ilgiz Tantashev

News  
Shin Tae-yong (kanan), dihampiri para pemain timnas Indonesia. Foto: Republika/Wihdan Hidayat.
Shin Tae-yong (kanan), dihampiri para pemain timnas Indonesia. Foto: Republika/Wihdan Hidayat.

AL-RAYYAN -- Tim nasional Indonesia melayangkan protes resmi ke Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Ini terkait gol kedua Irak ke gawang pasukan Garuda.

Kedua kubu bertemu pada laga perdana di Grup D Piala Asia 2023. Indonesia takluk 1-3 dari Irak di Ahmed bin Ali Stadium, Al-Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024) malam WIB.

Skuad Lions of Mesopotamia unggul terlebih dahulu. Pada menit ke-17, sepakan Mohanad Ali merobek jala Ernando Ari Sutaryadi. Tersengat situasi demikian, awak merah-putih merespon.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Upaya skuad polesan Shin Tae-yong berbuah manis. Pada menit ke-37, Marselino Ferdinan membuat Indonesia menyamakan kedudukan. Tendangan Marselino menyambut umpan tarik Yakob Sayuri menembus gawang lawan.

Babak pertama sepertinya bakal berkesudahan imbang. Namun, Irak kembali memimpin di detik terakhir injury time. Gol wakil Timur Tengah itu berbau offside dalam prosesnya. Osama Rashid mencatatkan nama di papan skor pada menit ke-45+7.

Situasi ini menimbulkan ketidakpuasan di kamar ganti tim Garuda. Wasit sempat berkoordinasi dengan petugas VAR. Setelah pemeriksaan, gol Rashid tetap disahkan.

Laga terus berlanjut. Pada menit ke-75, Irak menjauh. Kali ini gol sang rival dicetak pemain pengganti, Aymen Hussein.

Selepas duel berjalan, manajer timnas Indonesia, Endri Erawan bereaksi. Ia mengakui pihaknnya kecewa terkait keputusan wasit Ilgiz Tantashev.

"Kami sudah resmi melayangkan formulir protes dan diserahkan langsung ke match commissioner seusai pertandingan," kata Endri, di situs resmi PSSI yang dikutip pada Selasa (16/1/2024).

"Kami tahu protes ini tidak akan mengubah hasil. Namun setidaknya untuk pertandingan-pertandingan di ajang Piala Asia 2023 ini para wasit/perangkat pertandingan bisa lebih baik lagi dalam mengambil keputusan," tambah pria yang juga anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tersebut.

Hasil ini membuat Indonesia berada di posisi terakhir klasemen sementara Grup D. Selanjutnya, pasukan Garuda bertemu Vietnam. Derbi Asia Tenggara itu berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Jumat (19/1/2024) pukul 21.30 WIB.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Semua jawaban tentang kehidupan ada di dirimu sendiri

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image