Sukses di Piala Dunia dan Bantai Jerman, Juru Taktik Jepang Jadi Pelatih Terbaik Asia

News  
Pelatih tim nasional Jepang, Hajime Moriyasu. Foto: EPA-EFE/EXPA/ERWIN SCHERIAU
Pelatih tim nasional Jepang, Hajime Moriyasu. Foto: EPA-EFE/EXPA/ERWIN SCHERIAU

DOHA -- Juru taktik tim nasional Jepang, Hajime Moriyasu terpilih sebagai pelatih terbaik Asia edisi terkini. Pertama kalinya Moriyasu mendapatkan penghargaan tersebut.

Acara malam penganugerahan berlangsung di Doha, Qatar, Selasa (31/10/2023). Moriyasu finis di depan para pesaingnya. Di tempat kedua ada arsitek timnas Australia, Graham Arnold. Kemudian Saad Al-Shreri juru taktik tim U-23 Arab Saudi, di urutan ketiga.

Moriyasu berperan membuat armada Samurai Biru tampil impresif di Piala Dunia 2022. Jepang tergabung di grup sulit bersama Jerman, Spanyol, juga Kosta Rika. Kejutan terjadi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Wataru Endo dan rekan-rekan mengalahkan Der Panzer dan La Roja. Sayang, langkah negeri Matahari Terbit hanya sampai di babak 16 besar. Pada tahapan itu, mereka kalah adu penalti saat berhadapan dengan Kroasia.

"Moriyasu dinobatkan sebagai AFC Coach of the Year setelah kesuksesan di Piala Dunia," demikian laporan yang dikutip dari japantimes.co.jp, Rabu (1/11/2023).

Situasi demikian menjadi bagian penting dalam karier sang arsitek. Kepercayaan terhadapnya, semakin besar. Terbukti pria 55 tahun ini terus dipercaya menangani Kaoru Mitoma dkk.

Moriyasu menjadi pelatih pertama yang terus bertugas membesut timnas Jepang setelah Piala Dunia. Itu terhitung sejak debut mereka di turnamen ini pada 1998 lalu. Biasanya selepas ajang tersebut berakhir, bakal terjadi pergantian pelatih.

Catatan positif Moriyasu bersama armada Samurai Biru terus berlanjut. Di sejumlah partai resmi, Takehiro Tomiyasu dkk digdaya. Terhitung dalam periode tahun ini, Jepang bermain imbang dengan Uruguay dan kalah dari Kolombia.

Itu hanya sedikit catatan minor. Setelahnya skuad Negeri Matahari Terbit selalu menang di enam uji coba internasional terakhir. Itu termasuk keunggulan 4-1 atas Jerman di Wolfsburg.

Jepang semakin diperhitungkan di panggung sepak bola global. Kini banyak anak asuh Moriyasu yang mentas di liga-liga top Eropa.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Semua jawaban tentang kehidupan ada di dirimu sendiri

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image