5 Fakta Penting yang Tercipta Setelah Indonesia Jumpa Argentina di GBK

News  
Suporter timnas Indonesia di tribun GBK saat mendukung pasukan Garuda menghadapi Argentina. Laga ini berlangsung pada Senin (19/6/2023) malam WIB. Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto.
Suporter timnas Indonesia di tribun GBK saat mendukung pasukan Garuda menghadapi Argentina. Laga ini berlangsung pada Senin (19/6/2023) malam WIB. Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto.

JAKARTA -- Duel bersejarah antara tim nasional Indonesia menghadapi Argentina telah berlangsung. Pasukan Garuda takluk 0-2 dari La Albiceleste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2023) malam WIB.

Ini partai resmi dalam kalender FIFA. Timnas kita bertemu juara dunia. Sepanjang 90 menit kubu tamu mendominasi.

Namun, penampilan awak merah-putih patut diacungi jempol. Determinasi yang ditunjukkan Asnawi Mangkualam dan rekan-rekan bak di atas normal. Anak asuh Shin Tae-yong bahkan memiliki tiga peluang bersih.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pertama melalui sontekan Ivar Jenner memanfaatkan umpan tarik rekannya. Upaya Jenner masih bisa diantisipasi Emiliano Martinez. Kedua, lewat tandukan Elkan Baggot.

Lagi-lagi Martinez berjibaku menyelamatkan jalanya dari kebobolan. Ketiga, saat Rizky Ridho Ramadhani melepaskan tendangan voli memanfaatkan kemelut di area penalti Raksasa Amerika Selatan. Sontekan Ridho tipis di samping kiri tiang gawang Argentina.

Artinya, Indonesia masih bisa melawan. Meski proses transisi pasukan Garuda, sedikit kurang lancar. Itu juga dipengaruhi oleh kualitas Leandro Paredes dkk.

Bayangkan, tim yang dihadapi berstatus Juara Piala Dunia 2022 dan berada di posisi teratas peringkat FIFA. Berikut sejumlah fakta yang saya temukan, setelah duel tersebut berakhir.

Pertama, ini merupakan laga resmi perdana antara Indonesia melawan Argentina di kelompok senior.

Kedua, ini partai pertama Indonesia menghadapi tim kelas dunia, di peringkat 20 besar FIFA. Terakhir kali, pasukan Garuda bertemu lawan di level demikian, terjadi pada Juni 2013. Saat itu awak merah-putih takluk 0-3 dari Belanda.

Ketiga, ini bagian dari sejarah baru di mana, dua pertandingan persahabatan beruntun yang melibatkan timnas Indonesia, tiketnya terjual habis. Sebelumnya, Gelora Bung Tomo penuh saat pasukan Garuda jumpa Palestina. Pemandangan yang sama terlihat di GBK.

Keempat, ini partai pertama timnas Argentina tanpa Lionel Messi, setelah Januari 2022. Terakhir kali Messi dari skuad La Albiceleste, saat rekan-rekannya jumpa Chile pada Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Kelima, Argentina meraih empat kemenangan beruntun di partai persahabatan, setelah berstatus juara dunia. Selama periode tersebut, La Albiceleste mencetak 13 gol, dan tidak kebobolan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Semua jawaban tentang kehidupan ada di dirimu sendiri

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image