Kapan Piala Dunia 2022 akan Dimulai?

Jadwal Bola  
Jam hitung mundur Piala Dunia 2022 di Qatar. Sumber: Independent.co.uk
Jam hitung mundur Piala Dunia 2022 di Qatar. Sumber: Independent.co.uk

Piala Dunia FIFA (FIFA World Cup) merupakan turnamen sepak bola antarnegara paling ditunggu setiap empat tahun sekali. Digelar terakhir kali di Rusia pada 2018, ia dipastikan diselenggarakan lagi tahun ini di Qatar. Kapan Piala Dunia 2022 resmi dimulai?

Piala Dunia 2022 di Qatar akan dimulai pada 21 November hingga 18 Desember 2022. Pemilihan periode waktu tersebut merupakan yang pertama kali dalam sejarah. Sebelumnya, turnamen tersebut selalu digelar pada Mei, Juni, atau Juli. Rentang waktunya sekarang juga diperpendek menjadi 28 hari.

Pemilihan jadwal turnamen yang berbeda dari penyelenggaraan-penyelenggaraaan sebelumnya tersebut bukan tanpa alasan. Ia dipilih Qatar dan badan sepak bola dunia FIFA berdasarkan pertimbangan khusus.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berikut sejumlah catatan penting Piala Dunia 2022 sejauh ini:

Faktor Pemilihan Jadwal

Piala Dunia umumnya digelar pada musim panas. Namun, khusus Piala Dunia 2022, dihelat pada akhir tahun (musim gugur dan musim dingin).

Alasannya adalah karena Qatar diketahui memiliki iklim kurang bersahabat pada musim panas. Itu disebabkan oleh letak geografisnya.

Qatar terletak di semenanjung kecil di Jazirah Arab di Asia Barat. Satu-satunya negara yang berbatasan darat dengannya adalah Arab Saudi di Selatan. Sisanya berbatasan langsung dengan Teluk Persia.

Memiliki luas 11.571 kilometer per segi, Qatar adalah negara kecil. Menurut data pengukuran luas sejumlah lembaga, ia bahkan masih kalah luas wilayahnya dengan provinsi Jawa Barat (35.378 kilometer per segi) di Indonesia.

Foto Kota Doha, Qatar diambil dari angkasa.
Foto Kota Doha, Qatar diambil dari angkasa.

Meski kini dikenal sebagai negara dengan tata kota berarsitektur paling modern, sebagian besar wilayah di sana aslinya terdiri dari dataran rendah tandus, gersang, dan tertutup pasir. Ia kerap disebut sebut sebagai salah satu negara terpanas dunia.

Pada Juni sampai September (khususnya musim panas) suhu di Qatar bisa mencapai 40 derajat celcius lebih dengan curah hujan rendah. Ini diperkirakan bakal menyulitkan para pemain untuk tampil maksimal dalam kondisi tersebut.

Sementara di luar rentang waktu itu, terutama pada Desember, kondisi cenderung kering namun lebih nyaman dengan temperatur maksimal 25 derajat celcius dan 35 derajat celcius pada siang. Suhu pada malam hari bisa mencapai 15 dan 22 derajat celcius.

Hal itu termasuk mendasari Piala Dunia 2022 digelar pada November dan Desember.

Format dan Jadwal Kick-off

Piala Dunia 2022 di Qatar nanti bakal melibatkan 32 tim yang akan dibagi-bagi ke delapan grup. Masing-masing grup diisi empat tim.

Siapa bakal masuk grup mana baru ditentukan melalui pengocokan pada April 2022, setelah seluruh fase kualifikasi ditutup pada Juni.

Pertandingan (kick-off) pertama menurut jadwal resmi dimulai pada Senin, 21 November 2022 di Stadion Al Bayt, Al Khor pada pukul 13.00 waktu setempat. Di stadion berkapasitas 60 ribu penonton ini, Qatar akan bermain pertama.

Pada fase grup (yang dibagi menjadi delapan), empat pertandingan rencananya bakal digelar setiap harinya. Mulai dari pukul 13:00, 16:00, 19:00, dan 22:00 waktu setempat.

Sementara untuk babak gugur hingga final akan dimulai pukul 18:00 dan 22:00 waktu setempat.

Tidak seperti turnamen sebelumnya, lokasi penyelenggaraan dan waktu pertandingan di babak gugur baru akan ditentukan usai pertandingan-pertandingan fase grup selesai dilaksanakan. Langkah itu memungkinkan untuk dilakukan karena jarak antar stadion terbilang dekat.

Nantinya, pertandingan merebut posisi ketiga bakal digelar pada 17 Desember 2022 di stadiun Khalifa International.

Sementara partai final alias laga puncak bakal dimainkan di Lusail Iconic Stadiun pada 18 Desember 2022. Kedua pertandingan tersebut dijadwalkan dimainkan pada pukul 18:00 waktu setempat.

Fase Grup: 21 November 2022- 2 Desember 2022

Babak 16 Besar: 3-6 Desember 2022

Perempat final: 9/10 Desember 2022

Semifinal: 13/14 Desember 2022

Final: 18 Desember

Lokasi Pertandingan

Seluruh pertandingan Piala Dunia 2022 nantinya bakal digelar di lima kota, yakni Al Khor, Ar Rayyan, Al Wakrah, Doha, dan Lusail.

Dari lima kota tersebut, total delapan stadion yang bakal digunakan. Berikut rinciannya:

 Al Janoub Stadium, salah satu lokasi penyelenggaraan Piala Dunia 2022 di Qatar.
Al Janoub Stadium, salah satu lokasi penyelenggaraan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Kota Al Khor: Al Bayt Stadium (kapasitas 60 ribu kursi penonton)

Kota Ar Rayyan: Ahmed bin Ali Stadium (kapasitas 40 ribu kursi penonton) dan Education City Stadium (40 ribu kursi penonton)

Kota Al Wakrah: Khalifa International Stadium (44.740 kursi penonton) dan Al Janoub Stadium (40 ribu kursi penonton)

Kota Doha: Stadium 974 (45.350 kursi penonton) dan Al Thumama Stadium (40.000 kursi penonton)

Kota Lusail: Lusail Iconic Stadium (80.000 kursi penonton)

Pertandingan grup A, B, E, F: Al Bayt Stadium, Khalifa International Stadium, Al Thumama Stadium, Ahmed bin Ali Stadium

Pertandingan grup C, D, G, H: Lusail Iconic Stadium, Stadium 974, Education City Stadium, Al Janoub Stadium

Kualifikasi Piala Dunia dan Jadwal Play-offs

Babak kualifikasi Piala Dunia 2022 dimulai sejak 6 Juni 2019. Tidak seperti periode sebelumnya, babak kualifikasi edisi kali ini, FIFA tidak mengadakan drawing atau undian.

Undian untuk turnamen kali ini diadakah oleh setiap konfederasi berdasarkan zona masing-masing benua, dikarenakan jadwal yang berbeda.

Konfederasi tersebut di antaranya AFC (Asia), CAF (Afrika), CONCACAF (Amerika Utara, Amerika Tengah dan Karibia), CONMEBOL (Amerika Selatan), OFC (Oceania), UEFA (Eropa).

Secara total, ada 211 negara yang merupakan anggota resmi FIFA, boleh mengikuti babak kualifikasi.

Qatar, selaku tuan rumah, dipastikan lolos secara otomatis ke putaran final. Kendati demikian AFC tetap mewajibkan Qatar berpartisipasi di dua putaran awal babak kualifikasi Asia sebagai syarat.

Sejauh ini, sudah 10 negara dari zona Eropa dipastikan lolos dimana tiga lain akan berjuang lewat babak play-offs. Sementara dari zona Conmebol dan zona AFC, masing-masih sudah dua negara dipastikan lolos (totalnya empat).

Kualifikasi akhir, menurut jadwal, dilangsungkan paling lambat pada 14 Juni 2022.

Sementara itu, pada babak play-offs ada dua slot yang bakal diperebutkan untuk mengisi tempat sisa dari 32 tim untuk turnamen Piala Dunia. Laga play-offs untuk bermain di Qatar bakal dimulai 24 Maret 2022 hingga 29 Maret 2022.

Negara Lolos Piala Dunia 2022 Sejauh Ini

1. Qatar (tuan rumah)

2. Jerman (Juara Grup J UEFA)

3. Denmark (Juara Grup F UEFA)

4. Brasil (Salah satu tim empat besar CONMEBOL)

5. Belgia (Juara Grup E UEFA )

6. Prancis (Juara Grup D UEFA)

7. Kroasia (Juara Grup H UEFA)

8. Spanyol (Juara Grup B UEFA)

9. Serbia (Juara Grup A UEFA)

10. Swiss (Juara Grup C UEFA)

11. Inggris (Juara Grup I UEFA)

12. Belanda (Juara Grup G UEFA)

13. Argentina (Salah satu tim empat besar CONMEBOL)

14. Iran (Salah satu tim empat besar AFC)

15. Korea Selatan (Salah satu tim empat besar AFC)

Jadwal Siaran Langsung (TV)

Hak siar televisi Piala Dunia 2022 di Indonesia dipegang oleh grup Emtek (Elang Mahkota Teknologi).

Semua pertandingan bakal ditayangkan secara langsung di SCTV, Indosiar, Vidio, O Channel, Mentari TV, Nex Parabola, dan Champions TV.

Sumber: Sky Sports, FIFA.com, Independent.co.uk, Wikipedia

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mantan bek kanan di liga kampus. Masih belajar jadi versi terbaik.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image