News

Clarence Seedorf Mualaf dan Rekor Uniknya di Liga Champions

Clarence Seedorf saat memperkuat AC Milan. (Foto: EPA/DANIEL DAL ZENNARO)
Clarence Seedorf saat memperkuat AC Milan. (Foto: EPA/DANIEL DAL ZENNARO)

Clarence Seedorf mencuri perhatian dunia, khususnya masyarakat Muslim, saat mengumumkan memeluk Islam melalui akun instagramnya, Jumat (4/3/2022) kemarin. Banyak perhatian tertuju pada kabar ini karena Seedorf termasuk sosok pesepak bola legenda.

Seedorf kerap dijuluki sebagai salah satu pemain tengah terbaik pada masanya. Kariernya sempat bersinar di sejumlah klub papan atas Eropa.

Seedorf lahir di Paramaribo, Suriname, pada 1 April 1976. Memulai karier dari Ajax, pemilik nama lengkap Clarence Clyde Seedorf tercatat pernah memperkuat Sampdoria sebelum hijrah ke Real Madrid pada 1996.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pada musim pertama di sana, Seedorf ikut membantu Los Blancos meraih gelar La Liga. Musim berikutnya, ia mengantar Madrid menjuarai Liga Champions ketika mengalahkan Juventus di final dengan skor 1-0.

Nyaris ditukar dengan Zinedine Zidane dan pindah ke Juventus, Seedorf kemudian bergabung dengan Inter Milan pada Desember 1999.

Setelah dua tahun memperkuat Nerazzurri, ia pindah ke klub satu kota AC Milan, dimana ia kembali meraih gelar Liga Champions bersama Rosonerri.

Gelar tersebut mencatatkan Clarence Seedorf sebagai pemain pertama dan satu satunya sejauh ini yang mampu meraih gelar Liga Champions bersama tiga klub berbeda. Pertama ia raih bersama Ajax, kedua saat di Madrid, dan dua terakhir bersama AC Milan (2003 dan 2007). Rekor unik tersebut, menurut catatan sementara, belum terpecahkan hingga sekarang.

Bermain di Milan mungkin menjadi momen terbaik Seedorf dimana ia juga berhasil mempersembahkan satu trofi Coppa Italia dan gelar scudetto.

Pada 2012, Seedorf, saat itu berusia 36 tahun, kemudian memilih menghabiskan sisa kariernya di klub Brasil Botafogo sebelum memutuskan pensiun.

Pada 2004, legenda Brasil Pele memilihnya masuk sebagai pesepak bola terbaik di daftar FIFA 100.

Clarence Seedorf Mualaf

Clarence Seedorf mengumumkan diri sebagai Muslim melalui akun instagramnya sehari lalu. Kapan tepatnya Seedorf mengucapkan dua kalimat syahadat, sebagai syarat utama memeluk Islam, memang tidak disebutkan.

Namun, Seedorf diduga sudah belajar agama Islam terlebih dahulu dari istrinya Sophia Makramati.

Seedorf mengisyaratkan telah menjadi mualaf melalui pesan tertulis yang dibubuhkan dalam caption di postingan terbaru di akunnya.

"Terima kasih untuk semua pesan baik dalam perayaan saya bergabung ke keluarga Muslim," tulis Seedorf.

"Saya sangat senang dan bahagia bisa bergabung bersama Brothers dan Sisters di seluruh dunia terutama dengan (istriku) yang mengagumkan Sophia (Makramati) yang telah mengajarkan saya banyak secara mendalam tentang pengertian Islam."

Seedorf, dalam tulisan sama, juga menyebutkan masih akan tetap menggunakan nama pemberian orang tuanya.

Kabar ini mendapat banyak respons positif dari pengikut Seedorf di Instagram. Salah satunya datang dari mantan bintang MU Patrice Evra. Dalam balasannya Evra menuliskan "mashAllah bro" diikuti dengan emoji hati dan dua tapak tangan bersatu.

Baca juga: Sebelum Umumkan Peluk Islam, Clarence Seedorf Lakukan Ini Bareng Khabib Nuramagedov

Sumber: Anadolu Agency, AA, Wikipedia

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mantan bek kanan di liga kampus. Masih belajar jadi versi terbaik.