Chelsea Vs Liverpool: Piala Liga Inggris Pertama Dua Jerman

Ulasan  
Pelatih Chelsea Thoma Tuchel (kiri) dan pelatih Liverpool Jurgen Klopp
Pelatih Chelsea Thoma Tuchel (kiri) dan pelatih Liverpool Jurgen Klopp

Thomas Tuchel dan Jurgen Klopp punya banyak kesamaan. Mereka berdua berasal dari Jerman. Mereka juga pernah melatih dua klub yang sama di Bundesliga.

Sekarang mereka pun sama-sama melatih di Liga Inggris. Prestasinya nggak jauh beda. Tuchel pernah memberikan trofi Liga Champions untuk Chelsea, Klopp juga untuk Liverpool.

Namun, ada satu kesamaan lain, yang mungkin tidak lagi sama malam ini. Salah satu di antara dua Jerman bakal memenangkan trofi pertama mereka dalam turnamen domestik di Liga Inggris.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Itu saat Chelsea vs Liverpool bentrok memperebutkan gelar juara Carabao Cup/EFL di laga final di Stadion Wembley, Ahad (27/2/2022).

Tuchel dan Klopp memang belum pernah sekalipun meraih piala dalam turnamen domestik di Inggris. Termasuk Piala Liga Inggris.

Meski bagi kedua klub, tidak demikian halnya. Chelsea terakhir memenangkan turnamen EFL Cup pada 2015. Liverpool terakhir memenangkannya pada 2011/2012.

Selama empat musim terakhir, turnamen yang juga dikenal sebagai Piala Liga Inggris ini selalu berhasil dibawa pulang Manchester City. Chelsea pernah berhadapan dengan The Citizen di final pada musim 2019/2020 dan kalah.

Musim ini, City tersingkir di putaran empat oleh West Ham.

Man City dan Liverpool, sejauh ini, adalah pengantong terbanyak gelar Piala Liga Inggris/Piala EFL (English Football League)/Piala Carabao. Keduanya sudah meraih 8 trofi.

Sementara Chelsea baru mengantongi lima piala.

Chelsea Bidik Gelar Ketiga

Peluang meraih gelar Liga Inggris (Premier League) sudah terlalu jauh untuk dijangkau Chelsea musim ini. Piala Inggris satu-satunya yang dapat melengkapi prestasi dua gelar mereka sekarang.

The Blues sudah membawa pulang Piala Super UEFA setelah menang 6–5 dalam adu penalti atas Villarreal pada 2021. Bermain hingga dua kali babak tambahan, keduanya imbang 1-1

Azpilicueta dan kawan-kawan juga sukses menggondol Piala Dunia Antarklub seusai mengalahkan Palmeiras 2–1 di laga final di Dubai 12 Februari kemarin. Gol kemenangan tercipta pada babak tambahan.

Kendati demikian, jelang laga ini, fokus Chelsea sedang sedikit terusik. Konflik serangan Rusia ke Ukraina pada pekan ini sedang menyerempet klub.

Pemilik The Blues, Roman Abramovich sedang menjadi sorotan karena kedekatannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Anggota parlemen Inggris juga sedang menyuarakan desakan agar pemerintah Inggris menyita aset miliarder Rusia tersebut. Termasuk melarangnya memiliki klub sepak bola.

Baca: Invasi Rusia, Roman Abramovich, dan Galaunya Chelsea

Tuchel tidak menampik isu tersebut tengah menyebabkan suasana ketidakpastian di dalam klub. Persiapan mereka jelang laga final sedikit terganggu.

Meski begitu, juru taktik 48 tahun, mengaku tetap berusaha menjaga skuadnya tidak sampai memusingkan masalah itu. Ia juga tidak ingin terlalu terlibat dalam urusan politis.

"Saya pikir langkah tepat dari tim, staff, dan termasuk saya, untuk tidak terlalu terlibat dalam hal politik, cukup memusatkan diri pada olahraga dan menjalankannya," kata dia pada jumpa pers jelang laga, Jumat (25/2/2022).

Liverpool Berpeluang Raih Empat Trofi

Bagi Liverpool, final malam nanti adalah peluang merebut satu dari empat trofi yang berpotensi didapat musim ini. The Reds masih menjaga asa merebut gelar Liga Inggris dengan terus memangkas jarak dengan pemuncak klasemen Manchester City. Selisih keduanya kini enam poin.

Salah dan kawan kawan juga masih berada di jalur juara di ajang Piala FA dan Liga Champions. Untuk turnamen terakhir disebut, Liverpool baru saja menang 2-0 atas Inter Milan pada leg pertama babak 16 besar. Leg kedua bakal digelar di Anfield pada 9 Maret 2022.

Kloop mengatakan musim ini adalah dua kali ia merasakan ikut dalam turnamen Piala Carabao. Skuadnya pernah masuk final pada 2016.

The Reds saat itu dikalahkan Manchester City lewat adu penalti usai bermain imbang 1-1 hingga dua kali babak tambahan.

"Ini kedua kalinya bagi saya ikut kompetisi ini dan saya telah merasakan kekalahan di final sepanjang hidup saya," kata Klopp baru baru ini. "Namun semakin sedikit saya menang dan satu yang gagal, tidak mengurungkan usaha saya untuk mencoba lagi."

Klopp memastikan target menang menjadi bidikan utama dalam laga nanti malam. Ini peluang terbaik mereka mendapatkan trofi pertama musim ini.

"Dalam 20 tahun, ketika Anda membicarakan tim ini 20 tahun mendatang, saya tidak akan heran jika orang-orang nanti akan membahas kami tidak memenangkan banyak, 'ya mereka bagus, tapi seharusnya mereka bisa menang lebih banyak trofi'," kata Klopp.

"Karena itu kami harus mencoba memenangkan beberapa trofi lagi. Dan peluang di depan mata, peluang terbaik yang kami miliki pekan ini, adalah melawan Chelsea yang dipastikan bakal berjalan sulit."

Jadwal Chelsea vs Liverpool 

• Chelsea vs Liverpool

• Stadion Wembley di Wembley Park, London Borough of Brent, Inggris

• Ahad, 27 Februari 2022

• Pukul 23.30 WIB

Siaran Langsung/Live Streaming Chelsea vs Liverpool

Laga Chelsea vs Liverpool tidak disiarkan langsung di televisi nasional (SCTV atau RCTI). Ia hanya bisa ditonton melalui layanan berlangganan Mola TV. Link live streaming-nya bisa diklik di sini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mantan bek kanan di liga kampus. Masih belajar jadi versi terbaik.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image