Rusia Invasi Ukraina, Final Liga Champions Pindah ke Paris

News  
Liga Champions. Ilustrasi
Liga Champions. Ilustrasi

Lokasi final Liga Champions 2022 dipastikan batal digelar di St Petersburg, Rusia. UEFA memutuskan laga puncak turnamen antarklub tertinggi Eropa pindah ke Paris. Pemindahan menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

Keputusan diambil setelah UEFA menggelar rapat Jumat (25/2/2022). Hasilnya, lokasi gelaran final, yang sedianya digelar di Gazprom Arena 28 Mei mendatang, bergeser ke Stade de France.

UEFA berterima kasih kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron atas dukungan pemindahan. Badan sepak bola Uni Eropa juga berjanji akan melakukan upaya penyelamatan para pemain sepak bola di Ukraina.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Bersama dengan pemerintahan Prancis, UEFA akan mensuport penuh upaya menjamin keselamatan pemain sepak bola dan keluarganya di Ukraina yang sedang menghadapi kemalangan, penghancuran, dan pemindahlokasian," demikian pernyataan resmi dikutip BBC Sport, Jumat.

Pemindahan lokasi final liga Champions langsung jadi wacana setelah Presiden Rusia, Vladimir Putin mendeklarasikan operasi militer khusus ke Ukraina. Sebelumnya tiga stadion di London dikabarkan menjadi kandidat untuk menjadi lokasi baru.

Stadion Olimpiade London (kandang West Ham United), Wembley, dan Stadion Tottenham Hotspur masuk dalam pertimbangan.

Badan Sepak Bola Eropa, UEFA juga mendapat tekanan untuk membatalkan kesepakatan 33 juta poundsterling (sekitar Rp636 miliar) per musim mereka dengan perusahaan energi milik Rusia Gazprom, yang mensponsori kompetisi UEFA Nations League dan final Piala Eropa (Euro) 2024.

Sumber: BBC Sport

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mantan bek kanan di liga kampus. Masih belajar jadi versi terbaik.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image