Diawali 'Handball', Gol Middlesbrough ke MU tidak Sah?

News  
Handball Duncan Watmore sebelum mengumpan ke Mat Crooks dan berbuah gol. Sumber: Manchester Evening
Handball Duncan Watmore sebelum mengumpan ke Mat Crooks dan berbuah gol. Sumber: Manchester Evening

Klub divisi dua Middlesbrough secara mengejutkan menyingkirkan Manchester United dari piala FA, Sabtu (5/2/2002). The Boro menang berkat keunggulan 8-7 pada babak adu penalti. Sebelumnya kedua tim imbang 1-1.

Kemenangan tersebut diwarnai kontroversi. Yakni pada insiden 'handball' yang berujung gol pada babak kedua pertandingan dini hari tadi.

Man United sebenarnya tampil dominan sejak awal. Serangan demi serangan dilancarkan. Setan Merah akhirnya berhasil mencetak gol melalui Jadon Sancho pada menit 25'.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kedudukan ternyata berubah pada babak kedua. Berawal dari umpan Duncan Watmore pada menit 64, Mat Crooks berhasil membuat skor imbang 1-1.

Namun, gol tersebut ternyata menjadi perdebatan. Sebab, setelah melihat siaran ulang, bola jelas mengenai tangan Duncan sebelum dia mengumpan. Pemain MU protes, namun wasit tetap mengesahkan. Apa karena tidak disengaja?

"Bagaimana itu bisa tidak disengaja bila ia mengontrol bola di udara menggunakan tangannya? Jelas harusnya itu tidak sah, namun pada akhirnya saya terkejut, hasil malah sebaliknya," ungkap Pelatih Kepala Manchester United, Ralf Rangnick kepada BBC MOTD, usai laga.

Gol tersebut terbilang krusial. Sebab, ia gol terakhir yang bersarang sampai laga dilanjutkan ke dua kali babak tambahan. Keputusan pemenang akhirnya diputuskan lewat babak adu penalti.

Dan pada babak ini MU harus menyerah kalah. Kegagalan Elanga bikin gol pada kesempatan ke delapan mengantarkan Middlesbrough lolos ke putaran Piala FA berikutnya.

Lihat: Kalah Penalti, MU Tersingkir dari Piala FA

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mantan bek kanan di liga kampus. Masih belajar jadi versi terbaik.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image