Wasit Robot? Ini Penjelasannya

Ulasan  
Wasit robot. 
Wasit robot.

Wasit robot? Apa itu?

Pertanyaan tersebut mungkin mewakili sebagian orang yang baru mengenalnya. Ia kebetulan tengah ramai dibahas. Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) dikabarkan mulai mengggunakannya dalam turnamen Piala Dunia Antarklub 2021 di Abu Dhabi.

Entah kurang tepat atau tidak istilahnya, "wasit robot" tidak langsung merujuk ke sosok pengadil laga. Jangan bayangkan ia bakal berkeliaran di lapangan, memimpin jalannya pertandingan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Wasit robot adalah sistem peringatan berbasis program dan algoritma. Ia menggunakan teknologi limb-tracking atau pelacak pergerakan tubuh yang dapat memonitor akurat pemain saat posisi offside, dan membisikannya ke wasit.

Teknologi ini menggunakan kamera khusus yang dipasang di atap stadium. Ia mampu mengikuti dan melacak pergerakan pemain.

Ada 10 sampai 12 kamera dipasang untuk mengumpulkan data simultan dari 29 titik tubuh pemain yang disorot. Kecepatan tangkapnya sekitar 50 frame per detik.

Data-data ini kemudian ditampilkan di layar operator sebagai tampilan kerangka manusia dalam wujud tiga dimensi.

Wasit robot adalah asisten pembisik. Jika ada satu pemain dalam posisi offside, misalnya, sistem ini akan langsung kasih pesan peringatan ke operator VAR (video assistant referee). Selangnya setengah detik saja.

Pesan itu lalu diteruskan ke wasit dalam lapangan untuk membantu menentukan pemain melanggar atau tidak.

Penggunaan wasit robot di Piala Dunia Antarklub ini masih bagian dari uji coba. Jika berhasil, ia dipastikan bakal digunakan di Piala Dunia 2022.

Sumber: The Verge, FIFA.com

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mantan bek kanan di liga kampus. Masih belajar jadi versi terbaik.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image