5 Pesepak Bola China yang Bersinar di Liga Top Eropa

News  
5 Pesepak Bola China yang Bersinar di Liga Top Eropa. Salah satunya Sun Jihai yang pernah memperkuat Manchester City. Sumber: South China Morning Post.
5 Pesepak Bola China yang Bersinar di Liga Top Eropa. Salah satunya Sun Jihai yang pernah memperkuat Manchester City. Sumber: South China Morning Post.

Eropa dikenal sebagai pemilik liga sepak bola terbaik dunia. Nyaris seluruh atlet lapangan hijau mengimpikan merumput di benua biru. Tidak terkecuali dari Asia.

Dari sekian negara asal benua kuning, China termasuk banyak melabuhkan atlet ke liga top Eropa. Meski, saking ketat dan kompetitifnya persaingan, tidak semuanya sukses tembus skuad utama dan bersinar.

Sebab itu, lima pemain Negeri Tirai Bambu ini termasuk istimewa. Selain masuk skuad utama, mereka juga mencatatkan sejarah saat merumput di sana. Siapa saja? Berikut daftar dan ulasan singkatnya:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

5 Pesepak Bola China yang Bersinar di Liga Top Eropa

1. Yan Cheng

Yan Cheng saat memperkuat klub Eintracht Frankfurt. Sumber: cgtn.com
Yan Cheng saat memperkuat klub Eintracht Frankfurt. Sumber: cgtn.com

Lahir di Beijing, Yan Cheng memulai karier profesionalnya sebagai pesepak bola di klub Beijing Goan. Kemampuannya sebagai striker ternyata memikat klub Jerman Waldhof Mannheim untuk meminjamnya pada tahun 1998. Dari sana kariernya melesat.

Klub Bundesliga Eintracht Frankfurt tertarik dan merekrut Yan Cheng dengan ongkos transfer 1 juta deutsche mark atau sekitar 8 miliar rupiah.

Yan Cheng merupakan pemain China pertama dalam sejarah yang bermain di Bundesliga. Selama membela Frankfurt, striker/gelandang serang berpostur 185 sentimeter ini mencetak delapan gol dan membantu tim keluar dari zona degradasi. Yan Cheng memutuskan gantung sepatu pada 2009 dan kini menjalani karier sebagai pelatih di China.

2. Zheng Zhi

Zheng Zhi saat memperkuat Charlton Athletic. Sumber: Zimbio.com
Zheng Zhi saat memperkuat Charlton Athletic. Sumber: Zimbio.com

Kelahiran Shenyang, Lioning, memulai kariernya di klub divisi dua Liaoning Liaoqing. Bermain sebagai gelandang tengah, kemampuan di atas rata-rata Zhen menarik berbagai klub divisi satu meminangnya.

Pada 29 Desember 2006, klub Premier League Charlton Athletic resmi meminjam Zheng Zhi dari klub Shandong Luneng Taishan. Bermain apik, Charlton mempermanenkan statusnya sampai 2009.

Zheng Zhi melakukan debut di Liga Utama Inggris pada 10 Februari 2007 ketika melawan Manchester United. Timnya saat itu kalah 2-0. Namun, sebulan kemudian ia sukses mencetak gol pertamanya ke gawang Newcastle United dan Charlton menang 2-0

Sepanjang karier di Premier League, Zheng Zi, mencetak 9 gol dalam 67 penampilan bersama Charlton Athletic. Pernah dinobatkan sebagai Pemain Asia Terbaik, Zheng kini menjadi pelatih klub Guangzhou Evergrande. Ia menggantikan posisi mantan bek Inter Milan Fabio Canavarro sebagai pelatih.

3. Shao Jiayi

Shao Jiayi saat memperkuat 1860 Munich.
Shao Jiayi saat memperkuat 1860 Munich.

Sama seperti Yan Cheng, Shao Jiayi mengawali karier di klub Beijing Goan sebagai pemain gelandang pada tahun 1999.

Tampil memperkuat China di Piala Dunia 2002, Jiayi kemudian menarik perhatian klub 1860 Munich. Berawal dari peminjaman, klub, yang saat itu masih berlaga di Bundesliga, kemudian mengontak Jiayi secara permanen. Selama berkarier di liga Jerman, Jiayi kerap dimainkan sebagai tim inti dan sudah mencetak 4 gol.

Sempat kembali ke China dan bermain untuk klub lamanya Beijing Goan, Shao mengumumkan gantung sepatu pada pada 29 Oktober 2015.

4. Sun Jihai

Sun Jihai saat membela Manchester City. Sumber: cgtn.com
Sun Jihai saat membela Manchester City. Sumber: cgtn.com

Sun Jihai mungkin pemain China paling bersinar di liga top Eropa sejauh ini. Bermain untuk Manchester City, ia menjadi pesepakbola Asia Timur pertama yang mencetak gol di Premier League pada 2002. Dia juga menjadi pemain Cina pertama yang mencetak gol di Piala UEFA.

Sun menghabiskan enam tahun membela Man City. Meski bermain sebagai bek, ia sudah mencetak empat gol dalam 135 pertandingan. Ia sempat bermain untuk Sheffield United sebelum kembali ke tanah kelahirannya pada 2009 dan memutuskan pensiun pada 10 Desember 2016.

5. Wu Lei

Wu Lei saat ini masih bermain untuk Espanyol.
Wu Lei saat ini masih bermain untuk Espanyol.

Wu Lei salah satu pesepak bola terbaik Cina yang masih berkarier di liga top Eropa sampai sekarang. Pemain sayap ini bermain di La Liga memperkuat Espanyol.

Wu bikin sejarah sebagai pemain Cina pertama cetak gol di liga utama Spanyol ketika melawan Real Valladoid pada Maret 2019.

Ia masuk daftar langka pemain Cina yang berhasil mencetak gol di liga top Eropa, setelah Yang Cheng, Sun Jihai, Zheng Zhi, dan Shao Jiayi.

Direkrut Espanyol dari Shanghai SIPG pada 2019, Wu Lei, 30 tahun, sudah mencetak delapan gol dari 54 penampilan di La Liga Spanyol.

Sumber: cgtn, quora, wikipedia

Baca Juga: 'Gol Emas' Ahn Jung-Hwan Usir Italia dari Piala Dunia 2002

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mantan bek kanan di liga kampus. Masih belajar jadi versi terbaik.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image