Indonesia Vs Timor Leste 4-1, Shin Tae-yong: Sangat Mengecewakan

Ulasan  
Indonesia Vs Timor Leste 4-1. Shin Tae-yong menilai penampilan tim tidak memuaskan.
Indonesia Vs Timor Leste 4-1. Shin Tae-yong menilai penampilan tim tidak memuaskan.

Laga pertama uji coba Tim Nasional (Timnas) Indonesia vs Timor Leste dalam FIFA Matchday berakhir dengan skor 4-1, Kamis (27/1/2022). Meski menang dengan skor telak, pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengaku kecewa dengan performa malam tadi.

"Pertandingan kali ini sangat-sangat mengecewakan. Penampilan tim tidak memuaskan. Kami harus segera mengevaluasi diri agar berkembang lebih baik," ujar Juru taktik asal Korea Selatan usai pertandingan, dikutip dari keterangan PSSI yang diterima di Jakarta.

Bertanding di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, pasukan Garuda memang sempat tertinggal 0-1 berkat gol cantik Paulo Gali pada menit 35'.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Timor Leste nyaris menggandakan keunggulan setelah mendapatkan hadiah penalti sebelum babak kedua berakhir. Beruntung kiper Indonesia Syahrul Trisna sukses membaca dan menggagalkan sepakan dari titik putih.

Shin mengaku marah ke pemainnya setelah babak pertama tersebut usai. Performa anak asuhnya dinilai tidak mencerminkan sama sekali sebuah tim tangguh di kawasan Asia Tenggara.

"Dengan performa seperti itu, kami tak akan bisa menjadi tim kuat di Asia Tenggara," tutur pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Usai dimarahi Shin, memasuki babak kedua, Indonesia akhirnya menyamakan kedudukan lewat tendangan keras Kambuaya dari dalam kotak jauh pada menit ke-65.

Pada menit ke-72, hadiah penalti diberikan wasit usai bek Timor Leste menyentuh bola dengan tangan. Sempat terbaca kiper, Arhan sukses mengeksekusi tendangan penalti menjadi gol. Skor 2-1 untuk Indonesia.

Indonesia kemudian ketambahan angka lewat dua gol bunuh diri dilakukan Timor Leste.

Pertama, pada menit ke-77, ketika kiper Mendonca Da Silva mencoba menahan lemparan ke dalam dari Arhan namun gagal dan bola mengarah langsung ke gawang.

Gol bunuh diri kedua terjadi pada menit 79, saat bek tim tamu salah mengantisipasi umpan lambung Arhan dari kiri dan berbuah gol. Pertandingan berakhir dengan skor 4-1 untuk Tim Garuda.

Susunan pemain Indonesia vs Timor Leste:

Indonesia: Syahrul Trisna (kiper); Sani Rizki, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Edo Febriansyah, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Evan Dimas, Irfan Jaya, Ramai Rumakiek, Dedik Setiawan.

Cadangan: Ernando Ari (GK), Nadeo Argawinata (GK), Achmad Figo, Bayu Fiqri, Marselino Ferdinan, Hanis Saghara, Ronaldo Kwateh, Pratama Arhan, Muhammad Rafli, Terens Puhiri, Yabes Roni.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Timor Leste: Junildo Manuel (kiper); Filomeno, Jaimito Antonio, Joao Panji, Orcelio Nobelito, Cristevao, Dom Lucas, Jhon Frith, Mauzinho, Paulo Gali Freitas, Joao Da Costa.

Cadangan: Filonito (kiper), Mendonca Da Silva (kiper), Gumario Augusto, Tomas Sarmento, Yohanes Kapitan, Armindo Correira, Portela, Natalino, Santiago Xavier, Correia, Zenivio Morientes,

Pelatih: Fabio Maciel.

Berikut cuplikan/highlights Indonesia vs Timor Leste:

Sumber: Antara, Republika.co.id,

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mantan bek kanan di liga kampus. Masih belajar jadi versi terbaik.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image