'Gol Emas' Ahn Jung-Hwan Usir Italia dari Piala Dunia 2002

VAR  
'Gol Emas' Ahn Ahn Jung-Hwan Usir Italia dari Piala Dunia 2002. Sumber: republika.co.id
'Gol Emas' Ahn Ahn Jung-Hwan Usir Italia dari Piala Dunia 2002. Sumber: republika.co.id

Sangat langka pesepak bola Asia bisa mencatatkan namanya dalam sejarah Piala Dunia. Apalagi kiprah tim Asia sukar menyala di turnamen paling prestis sejagat ini. Sebab itu, nama Ahn Jung-Hwan menjadi istimewa.

Striker Korea Selatan ini bikin kenangan historis di fase gugur Piala Dunia 2002. Karena aksinya, ia sampai dianggap layak dijuluki pahlawan, bukan hanya bagi negaranya, tetapi Asia.

Korsel pada masa itu menjadi tuan rumah turnamen bersama Jepang. Selama melakoni laga, Tim Negeri Ginseng ternyata tampil penuh kejutan. Tanpa diduga, mereka mampu melaju ke perempat final. Lawan yang dilewatinya bukan timnas sembarangan. Sebut saja Portugal dan Spanyol.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Mereka pun melaju ke babak 16 besar melawan Italia. Ahn, masih berstatus pemain Perugia, diturunkan pelatih Guus Hiddink sebagai starter dalam laga itu. Bersama Park ji Sung, ia diandalkan untuk mendobrak pertahanan lawan.

Penampilan Jung-Hwan awalnya tak berjalan mulus. Pemain 26 tahun tersebut sempat gagal mencetak gol melalui titik penalti. Namun belakangan, ia sanggup menebusnya.

Berawal dari kedudukan imbang 1-1, babak tambahan pun digelar. Pada pertengahan momen inilah Ahn melakukan aksi mengejutkan.

Menyambut umpan lambung dari tengah sisi kiri, Ahn yang berada di depan gawang menang duel melawan bek Italia, melompat, dan menyundul bola. Buffon, saat itu kiper nomor satu dunia, tidak berdaya mengantisipasinya.

Stadion pun langsung bergemuruh tidak percaya. Korea Selatan sempat dipandang sebelah mata. Namun, hari itu, mereka membuktikan tim Asia mampu dan bisa menyingkirkan tim sekelas Italia dari Piala Dunia.

Gol itu sekaligus mencetak sejarah baru buat Korsel. Mereka menjadi satu-satunya tim di luar Benua Eropa dan Amerika yang berhasil melaju ke perempatfinal sepanjang gelaran Piala Dunia.

Seperti apa 'Gol Emas' Ahn Jung-Hwan yang viral dan melegenda tersebut? Berikut videonya:

Lihat video viral sepak bola lain di sini

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mantan bek kanan di liga kampus. Masih belajar jadi versi terbaik.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image