Liverpool Vs Real Madrid: Bagaimana Nasib Kiper Loris Karius Saat Ini?

News  
Reaksi kiper Loris Sven Karius dalam laga Real Madrid vs Liverpool di final Liga Champions musim 2017/2018. (EPA-EFE/GEORGI LICOVSKI)
Reaksi kiper Loris Sven Karius dalam laga Real Madrid vs Liverpool di final Liga Champions musim 2017/2018. (EPA-EFE/GEORGI LICOVSKI)

Nama Loris Karius mungkin masih sulit dilupakan suporter Liverpool hingga saat ini. Kiper Jerman memang mencuri sorotan dalam laga Liverpool vs Real Madrid di final Liga Champions musim 2017/2018. Sayangnya, bukan berkat penyelamatan baik, melainkan karena dua 'kekeliruan kecil' dilakukannya saat itu.

Kekeliruan pertama terjadi sepuluh menit setelah babak kedua dimulai. Bermain sama sengit, belum ada gol tercipta saat itu. Kedudukan masih imbang 0-0.

Namun, situasi berubah cepat dan dengan cara kurang mengenakkan. Karius sebenarnya sedang dalam kondisi leluasa menguasai bola dengan tangannya. Ia lalu mencoba melempar bola dari dalam kotak ke pemain di posisi kanan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Nahas, ia gagal mengelabui Benzema yang masih dekat mengintai membayangi. Sejurus bola operan lepas dari tangannya, striker Madrid tiba-tiba memotong umpan dengan menjulurkan kaki kanan. Bola mengalir ke dalam gawang dan berbuah gol. Madrid pun unggul lebih dahulu 1-0.

Reaksi Benzema usai mencetak gol ke gawang Loris Karius. (EPA-EFE/GEORGI LICOVSKI)
Reaksi Benzema usai mencetak gol ke gawang Loris Karius. (EPA-EFE/GEORGI LICOVSKI)

Beruntung, kesalahan pertama itu berhasil dibayar. Sadio Mane sukses menyarangkan gol pada menit 54' dan menyamakan kedudukan. Namun, itu ternyata tidak bertahan lama.

Pada menit 63' tendangan balik badan luar biasa Gareth Bale kembali mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Dengan sisa 27 menit pertandingan, Liverpool sebenarnya masih punya peluang besar menyamakan kedudukan. Beberapa serangan tajam masih mampu mereka lancarkan. Beberapa nyaris menjadi gol.

Namun, saat masih semangat menjaga harapan, peristiwa pada menit 82' seolah membuyarkannya. Di sinilah, aksi yang dinilai sebagai blunder kedua Karius, terjadi.

Berawal dari tendangan Bale dari luar kotak, bola sebenarnya mengarah tepat ke Karius. Penjaga gawang bertinggi 1,89 meter itu pun sempat menyentuhnya menggunakan kedua tangan, namun entah kenapa bola malah terselip dan masuk ke kiri gawang.

Karius gagal membendung tendangan Gareth Bale dari luar kotak penalti. (EPA-EFE/GEORGI LICOVSKI)
Karius gagal membendung tendangan Gareth Bale dari luar kotak penalti. (EPA-EFE/GEORGI LICOVSKI)

Gol tersebut tak ayal membuat posisi Los Blancos makin sulit terkejar. Dan benar saja, hingga peluit akhir pertandingan dibunyikan, kedudukan 3-1 bertahan.

Los Blancos memastikan diri sebagai juara dan sukses mengangkat trofi ke-13 mereka di Liga Champions. Liverpool, saat itu, harus pasrah bersabar menunggu gelar yang sudah 13 tahun belum mereka dapatkan lagi (sejak musim 2004-2005).

Karius menangis usai Real Madrid mengalahkan Liverpool di final LIga Champions 2017 2018
Karius menangis usai Real Madrid mengalahkan Liverpool di final LIga Champions 2017 2018

Karius Pasca-Final di Kiev

Final yang berlangsung di Kiev, Ukraina pada 26 Mei 2018 tersebut berbuntut kurang mengenakan bagi Karius. Sejak sesudah itu, ia belum pernah lagi turun sebagai kiper The Reds.

Karius dipinjamkan ke klub Turki Besiktas selama dua musim pada 2018/19 dan 2019/20. Mencatatkan 67 penampilan, ia ternyata mengalami sejumlah masalah di sana. Sejumlah laporan menyebutkan bahwa Karius menyebut Besiktas tidak membayar gajinya separuh musim pertama.

Kasus ini membuatnya berseteru dengan klub. Karius pun meninggalkan Besiktas dan memperkuat klub Union Berlin di Bundesliga. Sayangnya, di sana juga tidak terlalu membahagiakan buat Karius. Ia hanya membuat lima penampilan sepanjang musim 2020-2021.

Loris Karius saat memperkuat Berlin Union di Bundesliga. (EPA-EFE/Hayeung Jeon)
Loris Karius saat memperkuat Berlin Union di Bundesliga. (EPA-EFE/Hayeung Jeon)

Musim lalu, Karius akhirnya kembali pulang kandang ke Liverpool. Namun, ia tidak masuk dalam skema pelatih Jurgen Klopp.


Setelah pengalaman kurang enak di Kiev, Liverpool memutuskan memboyong kiper Alisson Becker dari AS Roma dengan banderol 75 juta euro. Alisson membuktikan diri sebagai pilihan tepat dengan performa baiknya selama menjaga gawang The Reds.

Karius saat ini berstatus sebagai kiper opsi kelima Liverpool. Ia belum memainkan satu pertandingan pun pada musim 2021/22. Akan berusia 29 tahun dalam waktu dekat, Karius tinggal menunggu waktu sebelum kontraknya berakhir pada 30 Juni 2022. Kemana ia akan mengadu nasib?

Sumber: Marca, Liverpool, Wikipedia, EPA

Lihat jadwal Final Liga Champions 2021/2022: Liverpool Vs Real Madrid di sini

Baca juga

- Respek Besar Jurgen Klopp untuk Carlo Ancelotti

- Liverpool Vs Real Madrid di Final, Klopp: Kayaknya Takdir

- Presiden UEFA Akui Marah pada Jurgen Klopp

- 8 Pemain Real Madrid Ini Bisa Saingi Rekor Ronaldo di Final Liga Champions

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mantan bek kanan di liga kampus. Masih belajar jadi versi terbaik.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image