Penantian 11 Tahun Inter Milan Berakhir

Ulasan  
Pemain Inter Milan merayakan trofi juara Coppa Italia usai mengalahkan Juventus, di Stadio Olimpico, Kamis (12/6/2022) dini hari WIB. (EPA-EFE)
Pemain Inter Milan merayakan trofi juara Coppa Italia usai mengalahkan Juventus, di Stadio Olimpico, Kamis (12/6/2022) dini hari WIB. (EPA-EFE)

Inter Milan menyudahi penantian 11 tahun untuk kembali mengangkat trofi Coppa Italia, Kamis (12/6/2022) dini hari WIB. Nerazzurri memastikan itu usai mengalahkan Juventus dalam laga final di Stadio Olimpico dengan skor 4-2.

Dalam pertandingan yang berjalan mendebarkan, Inter sempat unggul lebih dahulu berkat sepakan fantastis Nicolo Barella pada menit 6'.

Namun, tuan rumah membalikan keadaan menjadi 2-1 pada babak kedua. Alex Sandro sukses melesakkan gol pada menit 50', Dusan Vlahovic menyusul kemudian pada menit 52'. Juventus kini unggul.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Namun itu tidak berlangsung lama. Selang 28 menit kemudian, bek Juve, Leandro Bonucci melanggar Lautaro Martinez di kotak penalti. Hakan Calhanoglu, maju sebagai eksekutor, sukses menyarangkan bola dan membuat kedudukan imbang. Pertandingan berlanjut ke babak tambahan.

Ivan Perisic pun menjadi pahlawan Inter Milan malam tadi. Selain menunjukan pergerakan apik sepanjang laga, ia menyumbang gol krusial. Gol pertama melalui titik penalti pada menit 99', kedua melalui tendangan jarak jauh yang tidak bisa diantisipasi kipers Szczesny pada menit 102'.

Inter pun akhirnya menyudahi laga dengan kemenangan 4-2. Kini, setelah 11 tahun puasa gelar Coppa Italia, Nerazzurri, di bawah tangan pelatih Simone Inzaghi, kembali memenangkannya.

Gelar kedelapan Inter Milan

Inter Milan terakhir kali memenangkan Coppa Italia pada musim 2010-2011. Saat itu Il BIscone dilatih Leonardo Araujo (sekarang Direktur Olahraga PSG). Araujo menjadi pelatih usai Inter memecat Rafael Benitez. Ini menjadi gelar ketujuh Inter. Gelar keenam diraih setahun sebelumnya pada era kepelatihan Jose Mourinho.

Sayangnya, tren menang Coppa Italia berhenti pada musim berikutnya. Inter meredup. Sempat kalah saing dari Milan, mereka juga tidak berdaya membendung laju Juventus mendominasi Serie A selama 9 tahun terakhir.

Inter baru bisa mulai mengembalikan gelar ke lemari trofi mereka pada musim 2020-2021. Musim tersebut mereka meraih Scudetto. Tahun ini, giliran Coppa Italia dimasukkan.

Trofi ini tercatat sebagai yang kedelapan bagi Inter sepanjang mengikuti Coppa Italia. La Beneamata pertama menyabetnya pada musim 1938-1939. Mereka kini menempati rangking ketiga tim peraih Coppa Italia terbanyak. Juventus di posisi pertama dengan 14 trofi, Roma menyusul dengan 9 trofi.

Daftar peraih trofi Coppa Italia

1. Juventus - 14 trofi
2.
Roma - 9
3. Inter Milan - 8
4. Lazio - 7
5. Fiorentina - 6
6. Napoli - 6
7. Torino - 5
8. Milan - 5
9. Sampdoria - 4
10. Parma - 3
11. Bologna - 2
12. Vado - 1
13. Genoa - 1
14 Venezia - 1
15. Atalanta - 1
16. Vicenza - 1

Highlights Juventus vs Inter Milan (Coppa Italia)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mantan bek kanan di liga kampus. Masih belajar jadi versi terbaik.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image